Wednesday, March 24, 2010

MENGENDALIKAN PENYAKIT KRESEK PADA TANAMAN PADI DENGAN BUDIDAYA TANAMAN SEHAT


Penyakit kresek pada tanaman padi akhir-akhir ini memang sangat meresahkan petani kita, bukan hanya sulit dikendalikan tapi juga akibat serangan penyakit ini yang sangat menurunkan produksi hingga lebih dari 50%.

Penyakit pada tanaman padi dengan gejala daun mengering mulai dari tepi daun kemudian meluas hingga ketulang tengah daun, jika terjadi serangan akut seluruh helaian daun bisa mengering seluruhnya. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Xanthomonas sp.

Sampai saat ini penulis belum menemukan cara yang efektif untuk mengendalikan penyakit ini kecuali dengan menggunakan budidaya tanaman sehat. Selain itu Cara pengendalian dengan menggunakan bakteri coryne juga dapat dilakukan supaya memperoleh hasil yang memuaskan. Menurut pengalaman penulis cara budidaya tanaman padi yang sehat untuk mengendalikan penyakit kresek yang disebabkan oleh bakteri Xantomonas oryzay dapat dilakukan dengan cara antara lain:

Saya kira itu dulu posting pertama saya dan sebagai salam pembuka untuk anda-anda yang mencintai hijaunya negeri ini. Jika ada koreksi kesalahan dan tambahan-tambahan materi saya ucapkan terima kasih.

DSCN4352

Salam Tani


Maspary


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

2 comments:

AGROTEK UMPAR said...

bagaiman membedakan gejala penyakit kresek dengan gejala kekurangan unsur N

GERBANG PERTANIAN said...

Padi yang terserang Penyakit kresek daunnya kering, sedang padi yg kekurangan unsur N biasanya daunnya menguning dan anakan sedikit.

Post a Comment