Saturday, April 3, 2010

PERMAINAN DINAMIKA KELOMPOK TANI 1 (PERBEDAAN PENDAPAT)


Salam Pertanian! Sekilas info untuk rekan-rekan penyuluh. Salah satu permasalahan dinamika kelompk tani yang terbesar adalah adanya perbedaan pendapat. Disini kami informasikan salah satu cara memahamkan ke petani kita tentang pentingnya beda pendapat dalam suatu kelompok tani (dalam bentuk permainan).

  1. Bagi Kelompok tani menjadi dua kelompok (misal kel A dan kel B)
  2. Atur dua kelompok tersebut supaya duduknya mencampur
  3. Informasikan bahwa hari ini kita akan bernyanyi, dan masing-masing kelompok supaya memilih lagu masing-masing, tapi tidak boleh sama.
  4. Kelompok A persilahkan untuk bernyanyi, tanyakan pada kelompok B apakah nyanyian tadi enak didengar.
  5. Kelompok B persilahkan untuk bernyanyi, tanyakan pada kelompok A apakah nyanyian tadi enak didengar.
  6. Kelompok A dan B persilahkan untuk bernyanyi bersama menyanyikan lagu mereka masing-masing, tanyakan kedua kelompok apakah enak didengar
  7. Simpulkan makna dari permainan tersebut. Perbedaan pendapat itu wajar. Bahwa sebenarnya dalam kelompok tani pasti ada perbedaan pendapat. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan umur, pengalaman, tujuan dan lain sebagainya. Namun perbedaan tersebut tidak boleh menjadi penyebab perpecahan kelompok tani, tapi justru harus menjadi kekayaan kelompok. Perbedaan pendapat dalam suatu kelompok tani harus diselesaikan secara musyawarah dan mufakat.
Demikian sekilas info untuk para rekan-rekan penyuluh, semoga sedikit bermanfaat bagi kegiatan penyuluhan kita.
-by maspary-
Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment