Monday, April 26, 2010

TANAMAN SUKUN UNTUK KESEHATAN JANTUNG DAN GINJAL KITA

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Salam pertanian! Tanaman sukun yang biasa kita kenal buahnya sebagai makanan yang enak di goreng ternyata daunnya mempunyai fungsi yang sangat penting untuk kesehatan kita. Daun tanaman ini sangat potensial untuk mencegah penyakit jantung pada manusia.

Sudah sejak jaman dulu daun tanaman sukun telah dimanfaatkan secara tradisional untuk mengobati liver, ginjal, jantung dan inflamasi. Bahkan di negeri tetangga Taiwan, akar dan batang tanaman sukun telah banyak digunakan untuk mengobati penyakit sirosis (kangker hati)

Daun tanaman tersebut mengandung beberapa zat berkhasiat seperti asam hidrosianat, asetilcolin, tanin, riboflavin, dan sebagainya. Zat-zat ini menurut penelitian mampu mengatasi peradangan dalam tubuh kita.

Sukun memiliki flavonoid yang khas, uji khasiat terhadap ekstrak daun sukun menunjukkan efek penurunan kadar kolesterol darah dan akumulasi lemak pada dinding pembuluh darah aorta pada mencit di laboratorium. Studi in vitro juga menyimpulkan, ekstrak daun sukun efektif melindungi jantung dari serangan iskemik akut.

Uji toksisitas menunjukkan tidak ditemukannya efek samping toksik pada hewan uji, tidak memengaruhi fungsi jantung, ginjal dan hati, maupun profil hematologi.



MENGOBATI GINJAL:

  • Siapkan tiga lembar daun yang berwarna hijau tua, namun masih menempel di dahan. Kemudian cuci bersih pada air mengalir. Selanjutnya dirajang lalu jemur sampai kering. Siapkan pula wadah lalu isi dengan air bersih dua liter. Usahakan wadah tersebut terbuat dari gerabah tanah liat, tapi jika tak ada bisa juga memakai panci stainless steel. Masukkan dedaunan kering itu lalu dimasak sampai mendidih, sisakan air tersebut sampai volumenya tinggal separuh.Selanjutnya, tambahkan air bersih satu liter, dan didihkan lagi sampai separuh. Kemudian saringlah rebusan daun sukun itu. Warna airnya merah, mirip teh. Rasanya agak pahit. Silakan diminum sampai habis, tak boleh disisakan untuk kesesokan harinya. Demikian seterusnya.
  • Agar tidak repot bolak-balik mengambil tiga lembar daun, sebaiknya sediakan rajangan daun sukun kering untuk seminggu. Caranya, siapkan lembar daun hijau tua sebanyak 3 x 7 = 21 lembar. Proses selanjutnya persis seperti cara di atas, sehingga kita punya sejumlah rajangan daun sukun kering, tapi dibagi-bagi menjadi tujuh bungkus.


MENGOBATI JANTUNG:

  • Cara 1: Ambillah satu lembar daun sukun tua yang masih menempel di pohon. Daun sukun tua mempunyai kadar zat kimia maksimal. Cucilah sampai bersih lalu dijemur hingga kering. Kemudian rebus sampai mendidih dengan lima gelas air dan sisakan sampai tinggal separuh. Tambahkan air lagi hingga mencapai volume lima gelas. Setelah disaring, rebusan air itu siap diminum dan harus habis tak bisa disisakan untuk esok hari. Untuk hasil yang lebih baik daun sukun tersebut bisa ditambahkan bangle (bengle).
  • Cara 2: Campuran segenggam daun sukun yang telah dikeringkan dan bangle diseduh dengan air panas, seperti halnya membuat teh. Diminum setiap hari sebagai pengganti teh.
-by maspary-






Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

3 comments:

diana said...

bisa tidak digunakan untuk yang sudah ada penurunan fungsi ginjal? karena kadar kreanitin sy sudah 2,0

GERBANG PERTANIAN said...

Di coba aja karena pengobatan dengan herbal sangat minim resikonya, jangan lupa berdoa karena yang bisa menyembuhkan hanya tuhan kita hanya berusaha

Anonymous said...

terimakasih untuk info yang sangat bermanfaat ini

Post a Comment