Tuesday, April 27, 2010

ZAT PENGATUR TUMBUH TANAMAN


Salam pertanian! Dalam dunia pertanian, Zat Pengatur Tumbuh atau sering kita sebut dengan ZPT mempunyai peranan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan untuk kelangsungan hidup suatu tanaman. Zat pengatur Tumbuh adalah senyawa organik yang bukan hara yang dalam jumlah sedikit dapat mendukung, menghambat dan dapat merubah proses fisiologi tumbuhan.

Zat Pengatur Tumbuh dalam tanaman terdiri dari lima kelompok yaitu Auxin, gibberellin, cytokinin, ethylene dan inhibitor dengan ciri khas dan pengaruh yang berlainan terhadap proses fisiologis.

Auxin adalah senyawa yang dicirikan oleh kemampuannya dalam mendukung terjadinya perpanjangan sel (cell elongation) pada pucuk, dengan struktur kimia dicirikan oleh adanya Indole Ring.

Sedangkan yang dimaksud dengan gibberellin adalah senyawa yang mengandung Gibban skeleton, menstimulasi pembelahan sel (cell division), perpanjangan sel atau keduanya.

Zat Pengatur Tumbuh Cytokinin adalah senyawa yang mempunyai bentuk dasar adenine (6-amino purine) yang mendukung terjadinya pembelahan sel.

Ethylene senyawa yang terdiri dari 2 atom karbon dan 4 atom hidrogen. Dalam keadaan normal ZPT ini akan berbentuk gas, mempunyai peranan dalam proses pematangan buah dalam fase climacteric.

ZPT yang terakhir adalah Inhibitor yang berperan dalam penghambatan proses biokimia dan proses fisiologis bagi aktivitas keempat Zat Pengatur Tumbuh diatas.

Kelima ZPT diatas secara syntetik telah dibuat untuk keperluan pertanian dan research, yang tentunya akan bermanfaat bagi ilmu pengetahuan alam dan pertanian.

NB: Solbi Agro adalah pupuk organik cair yang mengandung ZPT organik
Gerbang Pertanian telah menyediakan ZPT Organik Dengan Harga Murah

-by maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

9 comments:

alvin nasiqien said...

ZPT apa yang dapat memberikan hasil padi, dan pada usia berapa aplikasinya? di tempat saya sangat sulit mencari zpt auxin, yang banyak dijual adalh jenis giberelin, merk apa yg banyak mengandung auxin ?

GERBANG PERTANIAN said...

@alvin: giberellin di padi bisa difungsikan sebagai menyerempakkan tanaman. Bisa diaplikasi dipesemaian maupun tanaman umur muda, cuma konsentrasi jangan terlalu pekat. Jika diaplikasi saat umur 45 dan 65 berfungsi untuk meningkatkan produksi.

rafi ahmad said...

sory mas sebelumnya aku cuma bisa kritik tok g bisa bikin artikel sendirri !!!!!!!!!!!!
gimana mas cara membuat Zpt mulai dari yang sederhana( sekelas rumah tangga ) sampai yang rumit ( sekelas lab)

MASPARY said...

Jawabanya ada di (http://gerbangtani.blogspot.com/2010/09/cara-sederhana-membuat-hormon-zpt.html)
silakan baca....
trimakasih atas kunjungannya. Salam pertanian

Anonymous said...

zptdengan kandungan apa yg cocok bagi cabai & produk yg sdh ada di pasaran apa..?bgmn cr mendapat.kn ny...

GERBANG PERTANIAN said...

Dari Gerbang Pertanian Sendiri punya ZPT yang kandungannya seimbang (Auksin, Giberellin dan sitokinin). Coba aja untuk cabai, insya Alloh bagus mas. Baca dulu disini
http://www.gerbangpertanian.com/2011/03/zpt-organik-murah-produk-indonesia.html

sandi said...

salam, hormon apa yg bisa membantu mempercepat tinggi dan diameter batang pohon eucalyptus? brp lama terlihat pengaruhnya?
info, spek pohon eucalyptus kami saat ini t btg = 1-2 meter, d btg = 1.5-1.7 cm.
tks
salam

Mohammad Darwin Siregar said...

Slamat malam boss...berkat rajin berkunjung ke blog ini,saya sudah bisa buat ZPT/auksin-giberelin dan sitokinin sekaligus mengaplikasikannya pada cabai organik saya.dalam postingan diatas,saya membaca tentang Ethylene gas yang berperan dalam pematangan buah.ada nggak bahan alami untuk hormon tsb?

yunie said...

Klo untuk pembesaran umbi pada ubi kayu sebaiknya menggunakan hormon apa ya ?

Post a Comment