Tuesday, May 4, 2010

CARA MEMBUKTIKAN TANAMAN MEYERAP UNSUR HARA ATAU RACUN PESTISIDA

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

slobor Salam pertanian. Trik ini selalu saya gunakan untuk membuktikan ke petani bahwa semua tanaman pasti menyerap unsur hara atau racun pestisida yang diaplikasikan pada tanaman tersebut. Hal ini bertujuan agar petani tidak sembarangan dalam memberikan dosis dan jenis pupuk pada tanamannya. Selain itu juga bertujuan agar petani seminimal mungkin menggunakan pestisida dalam pengendalian hama penyakit dan agar petani tidak sembarangan dalam mengaplikasi suatu pestisida.

BAHAN DAN ALAT

  1. Gelas besar 2 buah
  2. Air putih jernih 2 liter
  3. Slobor 2 tangkai
  4. Pewarna biru/ merah secukupnya

CARA MEMBUKTIKAN

  1. Isi gelas dengan air putih sampai setengah
  2. Air di Gelas yang satu beri pewarna yang pekat
  3. Masukkan slobor ke masing- masing gelas
  4. Letakkan di tempat yang terkena terik matahari secara langsung
  5. Tunggu sampai 2 jam dan amati yang terjadi
  6. Slobor yang satu berwarna putih dan yang diberi pewarna akan berwarna biru/ merah

Nah gampang bukan? Tinggal kita menjelaskan kepada petani tentang kejadian tersebut. Ternyata slobor akan menyerap apa yang diberikan padanya, hal ini terbukti dari warna biru slobor yang dicelupkan kedalam air yang berwarna biru. Peristiwa ini juga terjadi pada semua tanaman, hanya mata kita saja yang tidak dapat melihat kejadian tersebut.

-by maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment