Wednesday, May 26, 2010

MENGENDALIKAN HAMA KERITING DAUN PADA TANAMAN CABE

Salam pertanian! Kali ini saya ingin sedikit membahas tentang tanaman cabe khususnya mengenai hama keriting daun pada tanaman cabe. Sebenarnya ada beberapa penyebab yang mengakibatkan daun tanaman cabe menjadi keriting. Supaya kita mengetahui cara mengendalikan hama yang menyebabkan gejala keriting daun cabe tersebut pasti harus didasari oleh pengetahuan tentang penyebab keriting daun cabe tersebut. 




  1. Keriting daun cabe yang disebabkan oleh trips. Gejala keriting pada daun tanaman cabe sebagian besar disebabkan oleh hama trips. Gejala yang ditimbulkan oleh trips pada daun cabe adalah adanya daun yang keriting dengan bentuk lekukan yang menggulung ke atas. Biasanya serangan trips diikuti dengan gejala rontoknya bunga cabe. Pada permukaan daun bagian atas biasanya juga terdapat lapisan mengkilap seperti perak. Hama tanaman ini sangat mudah dilihat kasat mata pada bunga-bunga tanaman cabe dan didalam gulungan daun cabe, berbentuk kecil memanjang seperti semut hitam dengan warna ada yang hitam dan hijau. Binatang ini bisa bergerak cepat dan mudah meloncat.
  2. Keriting daun cabe yang disebabkan oleh tungau. Tungau menyerang tanaman cabe dengan memberikan gejala yang khas, yaitu daun yang terserang akan melengkung ke bawah dengan rapih. Serangan tungau biasanya terjadi pada daun yang ketiga sampai kebawah. Jika daun yang menggulung dibuka dan diperhatikan secara teliti maka permukaan daun bagian bawah akan terdapat binatang yang sangat lembut sekali (selembut tepung) yang bergerak secara perlahan-lahan. Warna tungau pada permukaan daun biasanya hijau muda.
  3. Keriting daun cabe yang disebabkan oleh virus. Virus pada tanaman cabe biasanya disebarkan oleh hama vektor myzus dan bemisia (kutu kebul). Jika virus menyerang pada tanaman cabe akan memberikan gejala yang bermacam-macam sesuai denga jenis virusnya. Salah satu gejala yang akibatkan oleh virus tanaman cabe adalah adanya daun tanaman cabe yang menggulung atau kita sebut keriting. Keriting daun yang disebabkan oleh virus dapat dibedakan dengan penyebab lain karena virus ini akan menyebabkan sebagian besar daun cabe menggulung. Hal ini berbeda dengan gejala yang diakibatkan oleh trips maupun tungau yang akan menggulung tanaman cabe hanya daun bagian ujung saja. Gejala keriting daun oleh Virus kadang-kadang juga dikuti oleh kerdilnya tanaman dan berubahnya warna daun.
Setelah kita mengetahui beberapa penyebab keriting daun cabe tentunya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengendalikan hama penyebab keriting tersebut:
  1. Sanitasi lingkungan dengan membersihkan gulma dilahan maupun disekitar lahan
  2. Gunakan mulsa plastik hitam perak
  3. Jarak tanam jangan terlalu rapat
  4. Kalau memungkinkan gunakan sprinkel untuk menyiram tanaman
  5. Untuk keriting daun cabe yang disebabkan oleh virus cegah dengan mengendalikan vektornya
  6. Gunakan insektisida yang tepat sasaran. Untuk trips, myzus dan bemisia gunakan insektisida berbahan aktif abamektin, karbosulfan, fipronil, imidakloprid. Untuk tungau gunakan akarisida seperti samite, mitac dan mesurol.
  7. Jika perlu tambahkan perekat pestisida saat penyemprotan 
  8. Ketika mengaplikasi pestisida tambahkanlah pupuk daun untuk mempercepat pemulihan tanaman.
  9. Jika merasa selalu kesulitan mengendalikan keriting daun tanaman cabe maka hindari menanam cabe pada musim kemarau.
Jika berminat Gerbang Pertanian Juga menyediakan insektisida yang sangat ampuh untuk mengendalikan hama keriting pada tanaman cabe yang disebabkan oleh thrips sp, apids sp, myzus sp bahkan tungau dengan harga yang terjangkau yaitu RP 100.000/ 100 ml. Insektisida tersebut adalah NUMECTIN 20 EC dengan bahan aktif Abamektin 20 %.


Untuk informasi detail produk

 KLIK DISINI


Silahkan SMS aja ke maspary 081 226 30 297

Demikian postingan tentang mengendalikan hama penyebab keriting daun tanaman cabe semoga bermanfaat bagi anda kaum praktisi budidaya tanaman cabe, kaum penyuluh dan pencinta tanaman.

Sukses Petani Indonesia

      -by maspary-

Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

11 comments:

bencoolen said...

Gratis.... jd member lgs dpt 10$. Awalnya g percaya, tp iseng ak coba…ternyata. 2hr aku dah dpt 100$ dan terus bertambah. Saat ini Anda bisa mendapatkan uang dengan merujuk pengguna lain untuk bergabung Imcrew - Anda akan mendapatkan $ 2 untuk setiap referal yang aktif. Gunakan link referral Anda untuk melakukan hal ini. Setelah tanggal 1 Agustus Anda akan mampu menghasilkan uang dengan Membaca dan Berbagi artikel yang kami berikan kepada Anda, Anda akan dapat memperoleh hingga $ 1275/bulan dengan melakukan hal ini. Jadi Salin link Referral Anda dan memberikannya kepada setiap orang yang Anda tahu-karena Anda akan dapat mendapatkan $ 2 untuk setiap orang yang Anda lihat dan juga 20% dari Pendapatan mereka apa yang mereka dapatkan dari membaca dan berbagi artikel.
Klik. www.imcrew.com/?r=78066

PERTANIAN (INSEKTISIDA) ORGANIK said...

sedikit sharing untuk pengendalian hama trips pada cabai dapat dilihat di kembanglangit.blogspot.com

Anonymous said...

tukang kecap pertanian organik...
yang loe bilang itu cuma biar produk loe laku kan????
wahai para petani ada cara biar ga dibohongin ma penjual obat...
U/ pengendalian trips, setiap habis pemanenan tambahkan cairan hasil fermentasi sebanyak satu gelas aqua(untuk 1Ha fermentasikan 50 kg kotoran kambing yang masih segar + 1 drum air(200Liter) + terasi 100 gram yang disimpan & ditutup selama 3 hari).
walaupun jika serangan trips lagi tinggi sehingga daun rontok,namun daun yang rontok akan segera tergantikan...

PERTANIAN (INSEKTISIDA) ORGANIK said...

Bapak anonim yang terhormat,ada baiknya kita berdiskusi secara terbuka jangan anonim begitu,tidak gentle,dan apabila anda memberikan saran untuk petani harus pula dipertanggungjawabkan,menurut hemat kami pemberian kotoran kambing yang masih segar, mengandung amoniak tinggi,efeknya selain daun rontok,bunga dan buah juga rontok,jadi kapan masa panennya dong...

Jauhar IPB said...

Kepada bapak Anonim yang terhormat,kami tunggu di Garut,ini bukan sedang ngecap,kami akan bawa anda kelokasi uji terap kami,bisa juga buka di blog khusus patek,di cabepatek.blogspot.com

Anonymous said...

pak sy mau nanya klo 1hktar menanam cabe keriting itu bisa dapat berapa 1hri nya memanin...

Anonymous said...

keriting daun bawa aja ke salon

Cucunaga said...

terimakasih infonya,

iman said...

waah ... kalo sy baru uji coba nanam, kebetulan pas musim kemarau. keriting dan sebagian layu..... tapi tetap smangat

Anonymous said...

mau keriting, mau lurus syukuri saja coy...

Anonymous said...

Sedikit berbagi pengalaman, cabe saya sekarang jalan 36 hari sekitar 2 minggu yg lalu kebanyakan cabe saya terserang keriting daun dan sebagian daunnya menggulung kebawah. Saya coba pakai sari bawang putih hasil blender disemprot ke daun bagian bawah rutin 2 hari sekali sampai 3 kali penyemprotan kemudian saya selingi dengan kocoran buatan sendiri (pepaya yang sudah masak diremas pakai tangan saya tambahkan gula pasir trus saya peram 2 minggu baunya persis air tapai) sedikit ditambah npk, Alhamdulillah sekarang daun barunya sudah mekar dan sehat.
Oya saya selalu baca bismillah memohon kepada Allah dan berselawat dan yakin insya Allah sembuh.
Ide itu muncul saat saya bingung dgn referensi kawan-kawan petani lain menganjurkan saya menggunakan pestisida karena masing-masing menganjurkan saya merk yg macam-macam.
Terima kasih

Post a Comment