Tuesday, June 22, 2010

MEMBUAT PENGEMPOS TIKUS DENGAN KOMPOR BERBAHAN BAKAR LPG

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

kompor tikus lpg Salam pertanian. Sampai saat ini pengendalian hama tikus masih selalu dilakukan oleh para petani karena hama tikus masih menjadi hama utama tanaman padi. Salah satu cara pengendalian yang menjadi andalan petani untuk mengendalikan hama tikus adalah dengan mengempos sarang-sarang tikus menggunakan pengempos tikus. Cara pengendalian ini selain mudah, praktis juga bisa membersihkan tikus dari sarangnya. Selain itu pengendalian dengan pengemposan juga membuahkan hasil yang maksimal.

Namun pengendalian hama tikus dengan cara pengemposan bukan berarti tanpa kendala. Harga minyak tanah yang melambung menjadi hambatan dalam pengendalian dengan cara ini. Biasanya dalam satu liter minyak tanah akan bisa digunakan untuk mengempos selama 1-2 jam pengemposan tanpa henti (sesuai dengan besar kecilnya kompor dan apinya). Jika masih menggunakan bahan bakar minyak tanah pasti akan membengkakkan biaya pengendalian ini.

Solusi mahalnya biaya pengendalian hama tikus dengan cara pengemposan bisa diatasi dengan cara menggunakan kompor pengempos tikus yang berbahan bakar LPG. Namun sampai saat ini belum ada yang menjual kompor pengempos tikus dengan bahan bakar LPG. Sebetulnya kompor ini sangat mudah di buat dengan bahan-bahan yang sederhana dan harga murah. Berikut salah satu cara pembuatan kompor pengempos tikus dengan kompor berbahan bakar LPG:

Alat dan Bahan:

  1. 1 buah Kompor LPG untuk mie ayam
  2. 10 cm Pipa besi berdiameter 2 inci
  3. 1 buah Regulator LPG yang bisa diatur besarnya
  4. 2 m Selang kompor gas LPG
  5. 1 buah tabung dan gas LPG

Cara Pembuatan:

  1. Ambil topi kompor LPG untuk mie ayam
  2. Masukkan pipa besi dengan diameter sesuai dengan diameter kompor dengan panjang 10 cm ke ujung kompor tadi
  3. Las bagian yang bersentuhan antara pipa dan kompor
  4. Beri lubang beberapa buah pada pipa tersebut
  5. Sambungkan Kompor dengan regulator menggunakan selang
  6. Pasang regulator pada tabung gas LPG
  7. Kompor siap digunakan

Dalam pembuatan kompor ini memang masih jauh dari sempurna dan masih banyak perubahan/ modifikasi yang perlu dilakukan agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Salah satu contoh gambar Kompor modifikasi yang telah penulis pakai adalah seperti yang penulis letakkan diawal postingan. Gambar regulator dan komponen kompor komplit saya letakkan di akhir postingan. Silahkan diperhatikan dan dicermati. Selamat mencoba.

regulator lpg kompor komplit kompor komplit 2

-by maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment