Wednesday, June 16, 2010

PESTISIDA NABATI (DAUN PEPAYA PENGENDALI HAMA ULAT DAN PENGHISAP)

daun pepaya Dalam beberapa topik yang lalu kita telah membahas tentang pestisida nabati untuk mengendalikan hama tikus, kali ini kita akan kembali membahas tentang pestisida nabati. Yaitu tentang manfaat daun pepaya sebagai pengendali hama ulat dan penghisap tanaman. Memang ragam dan cara pembuatan pestisida nabati sangat banyak sehingga hal ini akan sangat memudahkan kita untuk memilih salah satunya untuk kita buat dan kita aplikasikan.

Dasar pembuatan pestisida nabati dari daun pepaya ini berdasarkan pengamatan penulis terhadap tanaman pepaya yang berada di sekitar rumah. Dari pengamatan tersebut ternyata hampir tidak ada daun pepaya yang rusak akibat serangan ulat maupun hama lain. Dapat simpulkan bahwa daun pepaya mengandung zat yang membuat ulat atau hama lain tidak menyukainya. Untuk pembuatan pestisida nabati tersebut caranya sebagai berikut.

Alat dan bahan:

  1. Daun pepaya 1 kg
  2. Air 10 lt
  3. 2 sendok makan minyak tanah
  4. 30 gr detergen
  5. Saringan dari kain
  6. Ember

Cara Membuat dan Aplikasi:

  1. Daun pepaya dipotong-potong lembut atau dihaluskan
  2. Semua bahan dicampur kemudian direndam selama 1 malam
  3. Esok pagi larutan tersebut saring dengan kain halus
  4. Cairan tersebut siap disemprotkan ke tanaman

-by maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

3 comments:

Mohammad Karami said...

Apa bisa di produksi skala pabrik?

GERBANG PERTANIAN said...

Jelas bisa mas, cuma harus dilakukan uji lanjutan di laboratorium tentang daya tahan di penyimpanan, dosis maupun konsentrasi yang tepat serta perlu penambahan bahan-bahan lain seperti ajuvan, stiker, srayer dll supaya efikasinya lebih bagus.

andree said...

wahidin: mau nanya.. apakah pestisida nabati ini dapat mengendalikan hamapenghisap seperti lembing hitam dalam sekala besar?

Post a Comment