Sunday, July 25, 2010

BAHAYA RACUN INSEKTISIDA PIRETROID SINTETIK TERHADAP HAMA WERENG DI TANAMAN PADI

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

POLIDOR Insektisida Golongan piretroid sintetik merupakan bahan sintetik kimia dari racun yang terdapat dalam tanaman piretrum. Sampai saat ini golongan insektisida piretroid sintetik mempunyai jenis terbanyak. Mulai dari Deltametrin (Decis, Dellini), Betasiflutrin (Buldok, Betta), Lamdasihalotrin (Matador, Hamador), Alfasipermetrin (Fastac, Faster), Sipermetrin (Sidametrin, Cedrik) dll.

Dalam pemasaran pestisida piretroid sintetik juga mempunyai market share yang tertinggi. Berarti golongan insektisida ini sangat disukai petani, Kenapa demikian? Piretroid sintetik mempunyai spektrum yang luas mulai dari ulat, kupu, kumbang, kutu, belalang sampai dengan udang (yach udang) sehingga mudah masuk ke berbagai lini tanaman maupun lini hama. Piretroid sintetik juga mempunyai harga yang relatif murah sehingga sangat terjangkau oleh kantong petani. Selain itu yang sangat disukai petani dari piretroid sintetik adalah efek knokdown (jatuhnya hama setelah terkena pestisida) yang sangat cepat .

Selain mempunyai berbagai kelebihan ternyata piretroid sinetik juga mempunyai kelemahan. Racun pada Piretroid sintetik hanya bersifat kontak sehingga jika dalam aplikasi pestisida tidak mengenai hama dipastikan hama tersebut tidak mati. Kelemahan yang kedua dari piretroid sintetik adalah jika racun ini mengenai hama wereng di pertanaman padi akan mengakibatkan ledakan hama wereng tersebut.

Menurut pengalaman penulis dilapangan ketika petani mengendalikan hama wereng di tanaman padinya menggunakan insektisida yang berbahan aktif piretroid sintetik memang sesaat terlihat hama tersebut berkurang. Bahkan imago dari wereng terlihat berjatuhan ketanah. Namun beberapa hari setelah aplikasi insektisida tersebut hama wereng bukannya berkurang justru akan semakin bertambah banyak jumlahnya.

Dimungkinkan peristiwa ini terjadi disebabkan karena piretroid sintetik telah membunuh musuh alami dari wereng, sehingga hama tersebut berpotensi meledak populasinya. Ada juga dugaan bahwa insektisida piretroid sintetik bersifat memacu penetasan telur wereng dan memacu perkawinan wereng. Entah mana yang benar hal tersebut harus dibuktikan secara ilmiah.

Oleh karena itu pesan saya pada rekan-rekan petani janganlah anda menggunakan insektisida berbahan aktif piretroid sintetik kalau dipertanaman padi anda tidak ingin terjadi serangan hama wereng. Lalu pertanyaannya, apakan ciri-ciri insektisida yang berbahan aktif piretroid sintetik? Jawabnya adalah, baca tulisan bahan aktif pada kemasan insektisida yang mau anda beli jika pada akhiran katanya ada kosa kata “TRIN” (Deltametrin, Betasiflutrin, Alfasipermetrin, Lamdasihalotrin, Sipermetrin dll) berarti dijamin insektisida tersebut pasti golongan piretroid sintetik.

Sekian dan trimakasih, smoga bermanfaat.

-BY MASPARY-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

6 comments:

kulo wongtani said...

waaaaduh kalo meotrin gimana sawah saya sudah tak semprot pakai sumo dengan bahan aktif beta sipultrin sama seperti buldok gimana yaaaa, dulu tanam sebelumnya saya semprot pakai nuril dan yang lain dan hasilnya padi saya habis tidak panen blasssss

Anonymous said...

Salam pak,
Dalam tulisan ada kalimat "Entah mana yang benar hal tersebut harus dibuktikan secara ilmiah" berarti belum ada pembuktian ilmiah yang menyatakan insektisida piretroid menyebabkan resurjensi hama. kok dikalimat akhir sudah langsung ada kesimpulan memakai insektisida piretroid menyebabkan peningkatan serangan hama wereng.
dan dari data2 yang saya dapat decis memperoleh izin deptan untuk penggunaannya di padi, walaupun untuk saat sekarang tidak ada lagi izin baru untuk piretroid di pertanaman padi. tolong donk pak diberi penjelasan... terima kasih
Fariz..(Pelajar pertanian)

siswanto said...

matur suwon mas pery

siswanto said...

terima kasih, banyak informasi yang bermanfaat

shonhaj said...

umumnya wong tani tidak paham bahan aktip pada pestisida/ insektisida yg akan dipakai mas

addly said...

suwun
setuju , karna jika padi terkena bahan aktif dari golongan piretroid daun padi akan cepat menguning hingga pengisian gabah kurang bagus ,
itu juga karna kesalahan petani yang suka yang instan

Post a Comment