Sunday, July 11, 2010

MENGENDALIKAN HAMA ULAT BUNGA/ BUAH KACANG PANJANG (Maruca sp)

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

images Sampai saat ini hama tanaman kacang panjang yang terpenting dan paling sulit dikendalikan adalah hama ulat kacang (Maruca sp). Petani biasanya kurang memahami gejala awal dari serangan hama ini karena serangan hama ini biasanya dimulai dari fase pembungaan pada tanaman kacang.

Gejala awal biasanya dimulai dengan gugurnya bunga kacang satu persatu, ketika memasuki masa pembungaan maksimal maka akan terjadi rontok bunga kacang yang luar biasa banyak mencapai 90%. Sehingga petani bisa gagal panen.

Ada cara untuk melihat ulat ini pada bunga kacang panjang. Coba cari bunga kacang panjang yang belum rontok dan yang ada lubang sekecil jarum (terlihat seperti titik hitam). Buka bunga kacang tersebut secara perlahan-lahan. Pasti didalamnya ada ulat sebesar rambut dengan warna hitam kecoklatan.

Jika gejala serangan terjadi pada saat pembuahan maka petani baru sadar bahwa tanaman kacang panjangnya telah terserang hama ulat kacang. Biasanya hama ini akan membuat lubang gerek pada buah kacang yang dimakannya. Dan akan membesar diri disitu sampai membentuk fase pupa.

Cara Mengendalikan Hama ulat bunga/ buah kacang panjang:

  1. Harus dimulai dari mengatur jarak tanam yang tidak terlalu rapat
  2. Jaga kebersihan lingkungan tanam terutama dari rumput-rumput liar
  3. Menggunakan pestisida kimia yang handal dan dengan timing yang tepat. Kalau anda ingin menggunakan pestisida yang bisa diandalkan untuk hama ini gunakanlah Proclaim atau virtako (cara penggunaan bisa lihat brosur). Cukup gunakan setengah bulan satu kali. Namun jika terkendala masalah harga anda bisa menggunakan Buldok. Jika anda menggunakan buldok penyemprotan harus dimulai dari fase awal pembungaan bahkan sebelum ada serangan (itu kuncinya), dan penyemprotan dilakukan rutin 1 minggu 1 kali (wah tidak sesuai dengan PHT donk). yach memang hama ini memang sangat susah dikendalikan jika sudah terlanjur menyerang.

-by maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment