Saturday, August 28, 2010

MENINGKATKAN PRODUKSI KACANG TANAH DENGAN MENGENDALIKAN PENYAKIT BERCAK DAUN (Cercospora sp)

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

kacang tanah Salam Pertanian! Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya kacang tanah supaya bisa menghasilkan panen yang maksimal. Diantaranya adalah kwalitas benih, jenis tanah, pengairan, pemupukan dan jarak tanam yang digunakan. Namun dalam hal ini kita asumsikan bahwa beberapa faktor penentu untuk meningkatan produksi diatas sudah memenuhi syarat.

Ada sesuatu yang kurang diperhatikan petani dalam hal budidaya kacang tanah. Yaitu tentang penyakit Cercospora sp (bercak daun). Selama pengamatan saya belum ada tanaman kacang tanah yang terbebas dari serangan bercak daun cercospora ini. Menurut penelitian akibat serangan penyakit ini dapat menurunkan produksi kacang tanah hingga 40%.

Yang jadi pertanyaan pasti bagaimana cara mengendalikan penyakit bercak daun cercospora ini supaya bisa meningkatkan produksi kacang tanah. Kalau kita perhatikan biasanya penyakit bercak daun cercospora ini menyerang kacang tanah saat mulai vase generatif, biasanya saat kacang tanah mulai berbunga (kecuali daerah endemik kacang tanah bisa terserang bercak daun saat masih muda).

Untuk meningkatkan produksi kacang tanah dengan cara mengendalikan penyakit bercak daun cercospora sebenarnya sangat mudah asalkan kita mengetahui fungisida yang tepat untuk mengendalikan penyakit ini. Kalau secara organik saya belum menemukan dan mencoba fungisida yang kuat untuk mengendalikan penyakit ini. Mungkin diantara teman-teman ada yang pernah mencoba fungisida organik yang bagus bisa sering disini. Secara kimiawi fungisida golongan azol sangat kuat untuk mengendalikan penyakit bercak daun cercospora ini. Sebagai contoh fungisida golongan azol adalah Score, Folicur, Danvil, Anvil, Amistartop, Booster, Topcore dan masih banyak lagi.

Demikian sedikit artikel tentang cara mudah meningkatkan produksi kacang tanah, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua dalam dunia pertanian. Akhir kata selamat mencoba.

Baca juga artikel tentang Belajar Menanam Kacang Tanah Secara Benar

-by maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment