Saturday, August 28, 2010

MENGENDALIKAN HAMA PENGGEREK BATANG PADI DENGAN PARASITOID TELUR TRICHOGRAMMA SP.

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

TRICHOGRAMMA 3 Dalam sistem pertanian organik pengendalian hama dan penyakit menggunakan pestisida kimia adalah haram hukumnya. Dalam sistem pengendalian hama dan penyakit secara terpadu penggunaan bahan kimia merupakan alternatif terakhir. Hal ini semua bertujuan untuk kesehatan dan kelestarian lingkungan kita.

Hama penggerek batang padi akhir-akhir ini telah menjadi hama utama didaerah tertentu. Hama ini biasanya menyerang saat musim kemarau. Untuk membaca tentang cara mengendalikan hama penggerek batang padi yang efektif silakan baca disini. Sesuai dengan judul tulisan kali ini saya ingin membahas tentang parasitoid telur penggerek batang padi.

Hama penggerek batang padi sangat sulit dikendalikan, karena larva hama ini bertempat tinggal didalam batang tanaman padi. Sedangkan imago hama penggerek batang padi selalu beterbangan kesana kemari. Salah satu kelemahan utama hama penggerek batang padi adalah ketika hama tersebut memasuki fase telur. Telur-telur hama ini diletakkan di dibawah permukaan daun. Yang jadi masalah adalah bagaimana cara membunuh telur-telur hama penggerek batang padi ini. Apakah ada ovusida untuk menjoblokan telor-telor penggerek batang padi tersebut.

Dari Balai Besar Peramalan Organisne Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) telah diteliti dan ditemukan sebuah pemangsa telor (parasitoid telor) penggerek batang padi. Trichogramma sp merupakan salah satu parasitoid telur dari hama penggerek batang padi yang mudah dikembangbiakkan, hanya butuh ketelatenan dari petani. Parasitoid telor ini terbukti sangat efektif mengendalikan hama penggrek batang padi karena parasitoid telor Trichogramma sp akan selalu memburu dan memangsa telor-telor dari penggrek batang padi sehingga telor-telor tersebut akan mati sebelum berubah menjadi ulat.

Kadang-kadang petani masih ragu untuk mengembangkan dan menggunkan parasitoit telur trichogramma sp ini karena biasanya sikap petani yang ingin serba instan, praktis dan cepat. Akan tetapi demi kelestarian lingkungan dan demi kesehatan kita sebaiknya petani belajar untuk menggunakannya.

Untuk mengetahui cara pembiakan dan perbanyakan parasitoid telur Trichogramma sp silakan baca postingan saya disini.

Semoga sedikit wacana tentang cara mengendalikan hama penggerek batang padi dengan menggunakan parasitoid Trichogramma sp ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

-by maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

1 comments:

S-3 Sarjana Membangun Desa said...

Maspary, terimakasih banyak atas tulisannya dan mohon izin untuk saya mengcopy dan mencabanya dikelompok semoga bermanfaat dan berguna bagi kelompok saya. Maju Pertanianku, maka Jayalah Indonesiaku. kalo ada yang terbaru dan mantap jgn lupa colek kelompok saya yang serba baru dan serba kekurangan.
wass,

Ferry K.S

Post a Comment