Thursday, August 5, 2010

PESTISIDA PENGENDALI TUNGAU (AKARISIDA) PADA TANAMAN

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Salam pertanian! Seringkali kita menemukan kejadian petani menanam cabai, kacang panjang, buncis atau tanaman lain tetapi pada fase awal pertumbuhannya mengalami hambatan. Bahkan tanaman tersebut daunnya mengerupuk dan tidak mau tumbuh. Sudah diaplikasi dengan berbagai macam pestisida tidak mau sembuh dan tumbuh lagi. Akhirnya petani bilang "ini salah mangsa" kalau didaerah saya (Banyumas) artinya salah musim.
Tungau termasuk hama pada berbagai tanaman yang belum banyak petani yang tahu cara pengendaliannya. Hal ini disebabkan karena tungau merupakan jenis binatang hama yang bukan serangga (ulat, belalang, wereng dll) sehingga dalam mengendalikan hama ini harus menggunakan pestisida yang benar-benar untuk tungau. Kenapa saya mengatakan tungau bukan serangga karena tungau memiliki kaki 8 buah, sedangkan serangga harus memiliki kaki 6 buah.

Kita dulu pernah membahasnya tentang golongan pestisida salah satunya adalah akarisida (pestisida untuk mengendalikan tungau). Cuma sayangnya pestisida ini masih sangat langka dipasaran sehingga petani hampir selalu mengendalikan hama tungau menggunakan insektisida (pestisida untuk ulat, wereng, belalang, dll) yang dapat dipastikan tidak akan berhasil. Nah sekarang kita sudah tahu permasalahannya yaitu petani dalam menggunakan pestisida tidak tepat sasaran.

Pasti dalam benak pembaca ada pertanyaan, lalu pestisida apa yang tepat untuk mengendalikan tungau? Sebetulnya dikios-kios pertanian sudah ada cuma kita kadang kala malas untuk membaca label ataupun brosus pestisida tersebut. Nah mulai sekarang kita harus jeli dan harus selalu membaca label ataupun brosur suatu pestisida yang akan kita beli. Kalau perlu menghapalkan bahan aktif dan mengamati sejauh mana reaksi bahan aktif tersebut terhadap hama yang akan kita kendalikan. Hanya sebagai contoh Akarisida untuk tanaman cabai, kentang, kacang panjang adalah:
  • Samite (produk dari PT Tanindo Subur Prima/ cap kapal terbang)
  • Mesurol (Produk dari PT Bayer CropScience)
  • Pegasus (Produk dari PT Sygenta)
  • dan masih banyak lagi
Demikian postingan singkat dari saya tentang akarisida semoga bisa memberi manfaat bagi anda semua, trims.
Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

2 comments:

orin said...

selamat malam...
saya mau naya ni kalo pestisida atau akarisida untuk mengendalikan tungau pada tanaman terong yg cocok apa ya?
apakah sama dengan yg digunakan untuk cabai, kentang, kacang panjang.terimah kasih

PERTANIAN (INSEKTISIDA) ORGANIK said...

untuk pengendalian hama jenis tungau dan trips bisa dilihat pada blog kami di kembanglangit1.blogspot.com

Post a Comment