Saturday, August 28, 2010

TEHNIK MENINGKATKAN PRODUKSI KACANG PANJANG

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

KACANG PJG Salam Pertanian! Dalam upaya meningkatkan produksi kacang panjang pasti sudah termasuk dalam sistem budidaya tanaman tersebut. Namun secara umum belum dibahas secara khusus tentang teknik meningkatkan produksi kacang panjang. Oleh karena itu saya ingin mengupas tersendiri tentang tehnik meningkatkan produksi kacang panjang sejauh pengetahuan dan pengalaman saya.

Untuk meningkatkan produksi kacang panjang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Benih. Pilih benih yang berkualitas dan yang sesuai dengan kondisi lingkungan setempat. Jangan membenih sendiri kalau tidak terpaksa, kalau terpaksa cukup menurunkan sekali atau dua kali saja. Dalam hubungan dengan penyakit kuning coba tanam benih kacang katrina (menurut informasi benih ini relatif lebih tahan terhadap penyakit kuning)
  2. Jarak tanam. Untuk meningkatkan produksi kacang panjang gunakan jarak tanam yang tepat, Jangan terlalu rapat karena hanya akan menghasilkan daun yang lebat. Menurut pengamatan saya jarak tanam yang ideal adalah 80 cm X 20 cm tapi satu lobang satu biji.
  3. Pemupukan. Untuk meningkatkan produksi kacang panjang gunakanlah pupuk yang berimbang, jangan terlalu banyak urea kalau perlu jangan gunakan urea tapi Za atau NPK. Mengenai jumlah sesuaikan dengan lokasi dan kesuburan tanah anda
  4. Ajir. Gunakan ajir setinggi 2 m dan jangan pasang ajir membentuk segitiga (menghubungkan ujung ajir yang berdekatan). Pasang ajir tegak lurus dan hubungkan/ kuatkan ujung-ujung ajir dengan tali. Kalau perlu hubungkan keempat penjuru ujung ajir dengan tali.
  5. Bedeng tanam. Bedeng tanaman perlu diatur supaya nanti jika tanaman dewasa akan memperoleh pencahayaan yang maksimal karena produksi tanaman kacang panjang sangat peka terhadap pencahayaan. Semakin memperoleh cahaya yang banyak akan semakin tinggi produksinya. Untuk meningkatkan produksi kacang panjang buat bedeng membujur dari timur kebarat (searah pergerakan matahari).
  6. Pengendalian Hama dan penyakit tanaman kacang panjang. Penyakit kacang panjang masih relatif belum perlu dikendalikan karena selama pengalaman saya belum saya temui penyakit kacang panjang yang bisa menggagalkan panen. Hama utama yang perlu dikendalikan untuk meningkatkan produksi kacang panjang adalah aphids sp dan ulat maruca testulalis. Untuk mengendalikan aphids sp sebenarnya mudah yaitu gunakan konfidor, mesurol, curacron, monokrotofos dll. Untuk mengendalikan ulat maruca testulalis saya telah memosting tersendiri, silakan baca disini.

Demikian postingan sederhana tentang bagaimana tehnik meningkatkan produksi kacang panjang, tentunya tulisan ini masih perlu banyak masukan karena tulisan ini hanya hasil dari pemikiran dan pengalaman saya dilapangan selama saya bergaul dengan para petani. tetapi besar harapan saya agar tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua. amin.

-by maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

5 comments:

Anonymous said...

klo produk dr panah merah bgmn mas ?
utk katrina itu kemasan ap bikin sendiri. trims

Anonymous said...

tanks atas infonya bagaimana jika kc panjang di tanaman di musum penghujan.

Anonymous said...

maksud dari 20 x 80 itu bgm? trus klw satu lubang diisi dengan 2 atw 3 biji? apa bisa kacang panjang ditanam waktu kemarau?

ahmad sopiandi said...

terima kasih sudah memberi wawasan yang bermanfaat bagi kami semua, dan terus bantu para petani indonesa dengan ilmu yang tepat, salam sejahtra ( ahmad sopiandi )

Aji Sunarko said...

cuaca yang cocok untuk tanaman kacang panjang ini yang bagaimana pak ?
apakah di tempat yang sejuk atau cocok dengan segala cuaca ?

Post a Comment