Wednesday, September 1, 2010

KEKURANGAN UNSUR BORON PADA TANAMAN CABAI


Salam Pertanian! Unsur boron (B) merupakan unsur hara mikro bagi tanaman cabai yaitu unsur hara yang dibutuhkan tanaman cabai dalam jumlah yang sangat kecil. Namun demikian jika terjadi kekurangan unsur hara ini akan sangat membatasi produksi suatu tanaman cabai. Hal ini sesui dengan hukum Leinberg bahwa jumlah unsur hara yang terkecil yang akan membatasi produksi dan pertumbuhan suatu tanaman.

Sebelum kita menambahkan unsur hara tertentu pada tanaman cabai tentunya kita harus mengetahui terlebih tanaman cabai tersebut kekurangan unsur hara apa. Karena pemberian unsur hara tertentu yang berlebihan pada tanaman cabai juga berakibat kurang baik. Dalam budidaya tanaman cabai biasanya kekurangan suatu unsur hara tertentu akan menunjukkan gejala tertentu. Demikian juga jika tanaman cabai kekurangan unsur boron akan menunjukkan gejala yang khas. Gejala yang khas pada tanaman cabai yang kekurangan unsur boron adalah adanya cabang yang berhimpit (kalau bahasa banyumas "dempet"). Selain itu bunga pada tanaman cabai juga banyak yang rontok.

Setelah mengetahui tanaman cabai kita kekurangan unsur boron tentunya kita ingin cepat-cepat menambahkan unsur boron pada tanaman cabai kita. Banyak sekali sumber unsur boron dalam bentuk pupuk yang siap diaplikasi. Sebagai alternatif kita bisa menambahkan borax pada tanah disekitar perakaran cabai tersebut (tapi jangan ditambahkan pada bakso atau mie ayam ya). Kenapa borax? karena selain harganya murah juga kandungan boronnya tinggi, kurang lebih 11 %. Selain borak kita juga bisa menyemprot tanaman cabai kita dengan pupuk daun yang mengandung unsur hara mikro boron (pilih aja ditoko-toko pertanian terdekat).

Sekian dulu artikel singkat ini, semoga tulisan tentang kekurangan unsur boron pada tanaman cabai ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel yang lain tentang dunia pertanian.

-maspary-





Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment