Saturday, September 4, 2010

ZPT GIBERELIN UNTUK MEMPERPANJANG MASA PERKAWINAN PADI

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Salam pertanian! Giberelin adalah salah satu jenis ZPT yang banyak beredar kios-kios pertanian. Telah kita ketahui manfaat giberelin sangat banyak dalam dunia pertanian. Manfaat yang paling sering kita gunakan adalah untuk mengatasi tanaman yang kerdil dan untuk menyerempakkan pembungaan pada tanaman. Namun Giberelin juga bisa memberikan efek yang kurang baik pada tanaman padi. Dari beberapa fungsi Giberelin ada fungsi lain yang belum sempat saya sampaikan pada blog saya ini. Yaitu fungsi giberelin untuk memperpanjang masa perkawinan padi.

Tehnik ini sebenarnya saya dapat dari orang PT Tanindo subur prima ketika mereka membuat benih padi hibrida. Untuk memperoleh benih padi hibrida kita harus mengawinkan antara padi jantan dan padi betina. Namun sayangnya padi jantan mempunyai sifat lebih cepat keluar malai dan lebih cepat menyelesaikan masa perkawinannya.(Namanya juga jantan pasti mau tapi belum tentu mampu he he he....). Untuk mengatasi ini kita harus mengaplikasikan giberelin pada padi jantan sekitar 7 - 10 ppm supaya bisa memperlama masa perkawinan.

Secara teori giberelin berfungsi untuk merangsang perpanjangan dan pembelahan sel-sel tanaman. Dari kedua fungsi tersebut giberelin akan mempunyai respon pada tanaman menunda pematangan buah alias memperlama proses pematangan sehingga buah tidak cepat rontok. Nah fungsi tidak cepat merontokkan ini yang akan kita gunakan untuk memperlama bunga jantan pada tanaman padi bertahan pada malainya. Semakin lama tepung sari dan putik bisa bertahan pada malai secara otomatis proses perkawinan tanaman (pembungaan) akan semakin lama.

Saya kira itu dulu postingan singkat saya kali ini tentang cara memperlama proses perkawinan pada tanaman padi dengan menggunakan giberelin. Smoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

-maspary-
Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment