Tuesday, October 26, 2010

GEJALA TANAMAN KELEBIHAN UNSUR HARA

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Dalam tulisan kali ini saya ingin membahas tentang gejala yang diperlihatkan tanaman cabe jika kelebihan unsur hara Nitrogen. Ini adalah hasil dari percobaan beberapa tanaman cabe saya yang saya perlakukan pemberian NCa secara over (satu sendok makan per tanaman) dengan jarak pupuk dengan tanaman kurang lebih 5 cm. Dua jenis tanaman cabe (rawit dan keriting) yang saya beri pupuk secara over dua-duanya mengalami gejala yang hampir sama.

  1. Pada cebe keriting setelah dua hari pemupukan, daun tua menguning dan mulai berguguran, sedangkan pada tanaman cabe rawit tidak.tan cabe rontok(001)
  2. Pada kedua tanaman menunjukkan gejala yang sama pada beberapa pemukaan helaian daun, yaitu menunjukkan gejala terbakar. Gejala ini hampir mirip dengan gejala daun yang terbakar oleh pupuk daun. dan cabe terbakar(002)
  3. Keduanya mengalami kerontokan bunga pada percabangan yang tua, sedangkan buah cabe tidak mengalami kerontokan
  4. Kedua tanaman mengalami kematian pucuk pada beberapa ujung tanaman

Demikian uraian singkat tentang uji coba pada tanaman cabe saya yang saya beri pupuk over dosis, semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan gerbang pertanian yang sedang membudidayakan tanaman cabe.

-maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

2 comments:

khalid said...

Khalid Aceh, Terima kasih atsa ilmunya. tetapi saya punya permasalahn dengan tanaman cabe yang saya tanam, untuk mencari Pertisida susah bagaimana seharusnya aplikasi yang baik untuk pencegahan dan pembasmian serangan Ham dan Virus

maspary said...

Dibeberapa artikel saya pernah saya tulis bahwa cara yang paling utama mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman adalah dengan cara budidaya tanaman sehat.

Post a Comment