Tuesday, December 7, 2010

CARA PEMBIAKAN/ MEMPERBANYAK BAKTERI CORINE (Coryne bacterium)

02092010(004) Pada beberapa waktu lalu saya telah memosting tentang manfaat Bacteri Corine (Coryne bacterium) untuk mengendalikan penyakit kresek pada tanaman padi. Kini saya ingin menulis sedikit tentang pengalaman saya memperbanyak bakteri corine tersebut hingga bisa dimanfaatkan petani untuk mengendalikan penyakit kresek tersebut.

Alat dan Bahan:

  1. 3 buah toples yang ada tutupnya
  2. 2 meter selang akuarium
  3. Galon air mineral
  4. Air bersih secukupnya
  5. Ekstrak kentang
  6. Glasswoll
  7. PK (obat kulit)
  8. Air pump (untuk akuarium)
  9. Isolat bakteri korine (Coryne bacterium)

Cara Pembuatan:

  1. Pasang alat-alat secara berurutan dan hubungkan dengan selang mulai dari Air pump, toples, toples, galon air mineral dan toples. cara pemasangan selang yang benar adalah selang harus menempel rapat di toples maupun galon. Jangan sampai ada lobang udara. Selang masuk udara harus menyentuh dasar toples sedangkan selang buangan udara hanya sedikit saja masuk kedalam toples. Selang jangan sampai terhimpit dan rapat ataupun tersumbat. Agar sambungan selang dengan toples rapat gunakan lem bakar yang diteteskan pada sambungan tersebut. 02092010(001)
  2. Isi toples pertama dengan larutan PK kira-kira 3/4 tinggi toples ( 1 ujung sendok teh PK larutkan dalam satu liter air)
  3. Isi toples kedua dengan glasswoll
  4. Isi galon air mineral dengan ekstrak kentang dan isolat bakteri korine (Coryne bacterium)
  5. Isi toples terakhir dengan air bersih
  6. Tutup rapat toples-toples tersebut hingga tidak tembus udara jika perlu rapatkan dengan lakban ataupun isolasi.
  7. Hubungkan air pump dengan stop kontak
  8. Biarkan beberapa saat sampai ujung selang pada toples yang berisi air bersih keluar gelembungnya. Jika ujung selang tersebut belum bergelembung udara berarti masih ada sambungan yang bocor.
  9. Perbaiki lagi sambungan (Instalasi) sampai benar-benar rapat (Kunci utama keberhasilan pembuatan bakteri korine (Coryne bacterium) ini ada pada cara instalasi.
  10. Jika sudah benar sambungan biarkan proses pembiakan terjadi selama 20 hari.

NB: untuk mengetahui cara pembuatan ekstrak kentang silakan baca Cara Pembuatan Ekstrak Kentang Untuk Pembiakan bacteri korine (Coryne bacterium)


JIKA PEMBACA GERBANG PERTANIAN ADA YANG BERMINAT DENGAN CORYNE BACTERIUM (BAKTERI CORINE) YANG SIAP DIAPLIKASIKAN KE TANAMAN PADI KAMI MENYEDIAKAN DALAM BOTOL  1000 ml DENGAN HARGA Rp25.000 / BOTOL. ANDA MINAT? SILAHKAN SMS SAYA MELALUI HP 08122630297 (MASPARY)

DSCN4352

-maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

1 comments:

Anonymous said...

saya pingin beli isholat chorine, dimana dan berapa, sya ada di lamongan jawa timur, matur nuwun

Post a Comment