Monday, December 27, 2010

CARA TEPAT APLIKASI BAKTERI CORINE (CORINE BACTERIUM)

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

  Beberapa waktu lalu kita telah berbicara tentang cara memperbanyak bakteri corine dimana salah satu fungsi bakteri corine ini adalah untuk mengendalikan penyakit kresek pada tanaman padi kita. Untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang aplikasi bakteri corine ini maka saya ingin sedikit menjelaskan cara penggunaan bakteri corine ini.

25072011(005)

Sebenarnya cara aplikasi bakteri corine tidak jauh berbeda dengan aplikasi pestisida pada umumnya yaitu dengan cara disemprotkan menggunakan tangki sprayer, hanya ada beberapa perbedaan yang perlu dipahami. Adapun hal-hal yang perlu dipahami dalam pengaplikasian bakteri corine tersebut adalah:

  1. Coryne bacterium hanya bersifat mencegah bukan mengobati tanaman padi yang telah terserang hama kresek. Oleh karena itu aplikasikan Coryne bacterium selagi tanaman padi anda belum terserang.
  2. Konsentari penggunaan sebenarnya belum ada penelitian yang tepat dan efisien namun berdasarkan pengalaman petani konsentrasi yang umum digunakan adalah 100-200 ml/ tangki semprot 14-17 liter (0,5-1 gelas aqua/ tangki semprot)
  3. Jangan dicampur dengan pestisida kimia. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga agar bakteri corine yang kita semprotkan tidak mati. Bagaimanapun juga bakteri corine adalah mahluk hidup jadi akan mati jika dicampur pestisida kimia
  4. Aplikasikan pada pagi hari sebelum jam 9. Ketika masih pagi matahari belum terik sehingga panasnya tidak membunuh bakteri corine. Bisa juga disemprotkan pada sore hari setelah jam 4. Tapi perlu diingat jangan mengaplikasikan bakteri corine ketika hari akan hujan
  5. Semprotkan secara merata pada seluruh bagian tanaman padi. Bagian tanaman padi baik itu, malai, daun maupun pelepah bisa saja sebagai sumber infeksi bakteri Xanthomonas penyebab penyakit kresek sehingga perlu sisemprot menggunakan larutan bakteri corine.
  6. Lakukan aplikasi penyemprotan ketika tanaman padi berumur sekitar 15 hst dan ulangi lagi saat tanaman berumur 30 hst, 45 hst dan 60 hst.
KAMI MENYEDIAKAN CORYNE BACTERIUM YANG SIAP DIGUNAKAN UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT KRESEK/ BLB PADA TANAMAN PADI ANDA. HARGA CUMA Rp 25.000/ 1000ML. Klik disini untuk membeli !!

Artikel terkait: Corynebacterium padi sehat bebas kresek.

Trimakasih telah bersedia membaca artikel ini, dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Pertanyaan, Kritik dan saran silahkan isikan pada kolom komentar dibawah ini. Semoga pertanian kita semakin maju dan petani semakin sejahtera. salam pertanian!!

-by maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

1 comments:

Anonymous said...

kalau di campur dengan beavurea apa gak apa-apa?

Post a Comment