Sunday, December 5, 2010

PENTINGNYA INTERNET BAGI PEMBANGUNAN PERTANIAN DI INDONESIA

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

INTERNET Teknologi berkembang begitu cepat tak terkecuali teknologi informasi. Menurut data terakhir tidak kurang 40 juta penduduk indonesia telah mengakses internet. Internet telah menjangkau sebagian besar daerah perkotaan dan pedesaan. Jaringan internet berkembang seiring dengan perkembangan telepon selular. Biasanya jika daerah tersebut menjangkau komunikasi telepon selular maka daerah tersebut juga bisa mengakses internet.

Kita sebagai petani harus tanggap terhadap laju perkembangan teknologi tersebut. Jangan hanya heran, termangu apalagi merasa tertinggal. Semua teknologi bisa dipelajari tak terkecuali dipelajari oleh kaum petani seperti kita ini. Kita harus memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut untuk mendukung sistem usaha kita. Selain untuk mencari informasi tentang budidaya kita juga bisa saling berkomunikasi dengan petani lain ataupun stik holder-stik holder yang berada jauh dengan dengan kita. Tidak menutup kemungkinan kita sebagai petani nantinya juga bisa membuat forum-forum tani.

Jika kita menguasai penggunaan internet tentunya kita akan sangat mudah mengakses teknologi-teknologi terbaru yang kita perlukan untuk mendukung sistem pertanian kita. Bukan hanya teknologi namun semua informasi yang berhubungan dengan pertanian akan dengan mudah kita dapatkan baik informasi budidaya, pengendalian OPT, pengairan, pengembangan kelompok tani, bahkan informasi yang terpenting bagi petani yaitu tentang pemasaran hasil pertanian.

Kadang saya berfikir jika setiap GAPOKTAN bisa mengakses internet katakanlah minimal bisa mengakses Facebook atau bahkan membuat blog tentu akan sangat hebat perkembangan komunikasi antar petani kita se indonesia. Para GAPOKTAN akan sangat asyik berkomunikasi dengan GAPOKTAN lain yang berlokasi sangat jauh. Kita akan sangat mudah mencari wawasan, mudah bertukar ilmu dan pengalaman serta mudah menjual hasil pertanian. Para tengkulak pasti akan terlewatkan.

Setelah kita berbicara banyak tentang pentingnya teknologi informasi internet bagi perkembangan pembangunan pertanian kita dan bagi peningkatan kesejahteraan petani saya akan memberikan rekomendasi kepada para petani dan penyuluh maupun pelaku pertanian lain yang bersungguh-sungguh ingin mengetahui lebih jauh tentang cara menggunakan internet untuk berbisnis silahkan pelajari DVD TUTORIAL BISNIS ONLINE. DVD tersebut selain harganya cukup murah hanya Rp50.000 tetapi juga memang diperuntukkan bagi kaum pemula seperti kita ini. Untuk info lebih lanjut tentang DVD TUTORIAL BISNIS ONLINE tersebut silahkan hubungi Maspary ===> HP 08122630297

-maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

1 comments:

pemuja said...

promosi ya kang..?

Post a Comment