Friday, January 21, 2011

PENYAKIT BERCAK COKLAT SEMPIT PADA TANAMAN PADI (Cercospora oryzae)

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Akhirnya kita telah masuk pada hari kedua dalam topik penyakit-penyakit tanaman padi versi Gerbang Pertanian. Seperti yang telah saya janjikan kemarin, setelah hari pertama kita membahas tentang penyakit blas/ bercak belah ketupat pada tanaman padi sekarang kita akan membahas tentang penyakit bercak coklat sempit pada tanaman padi yang disebabkan oleh jamur Cercospora oryzae,

Gejala yang mudah dikenali dari penyakit bercak coklat sempit ini adalah pada daun dan pelepah terdapat bercak pendek sempit seperti garis-garis berwarna coklat. Pada varietas yang tahan bercak berukuran 0,1-1 cm X 0,1 cm berwarna coklat gelap. Pada varietas yang rentan bercak akan tumbuh lebih besar dan berwarna coklat terang. Sumbu panjang dari tiap bercak paralel dengan tulang daun.

Penyebab dari penyakit ini adalah jamur Cercospora oryzae. Penularan biasanya terjadi melalui udara dan inang alternatif. Suhu udara yang panas serta diselingi hujan akan mempercepat pertumbuhan jamur ini.

Cara pengendalian:

  1. Jarak tanam yang tidak terlalu rapat terutama saat musim hujan
  2. Jika perlu gunakan cara tanam sistem legowo
  3. Jangan gunakan urea yang berlebih dan imbangi dengan unsur K
  4. Aplikasi fungisida pada daun tanaman padi, contoh: antracol, dithane, dan fungisida kontak lain sebagai pencegahnya. Jika sudah terserang gunakan fungisida sistemik seperti score, anvil, folicur, Nativo, opus, indar dll.

Untuk artikel di hari ke 3 besok kita akan membahas tentang penyakit bercak coklat pada tanaman padi.

Demikian artikel tentang penyakit bercak coklat sempit pada tanaman padi yang disebabkan oleh jamur Cercospora oryzae, semoga bisa memberi manfaat pada pembaca semuanya. Kritik, saran serta penambahan informasi sangat kami harapkan.

-maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment