Tuesday, January 25, 2011

PENYAKIT BERCAK GARIS PADA TANAMAN PADI (Xanthomonas campestris pv oryzycola)

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Kita telah memasuki hari keempat pada topik penyakit-penyakit pada tanaman padi. Kali ini kita akan membahas tentang penyakit bercak garis pada tanaman padi yang disebabkan oleh bakteri Xanthomonas oryzicola. Ini adalah lanjutan dari hari kemarin 9 hari ke -3 yang membahas tentang penyakit bercak coklat pada tanaman padi.

Penyakit bercak garis pada tanaman padi biasanya akan dimulai dengan gejala garis-garis yang kebasah-kebasahan muncul diantara urat daun. Garis-garis tersebut akan terlihat tembus cahaya jika dilihat berlawanan dengan sinar matahari. Garis-garis tersebut kemudian memanjang dan berubah menjadi coklat dengan lingkaran kuning yang berada disekelilingnya. Pada kondisi lembab banyak lendir bakteri terdapat pada garis – garis tersebut. lendir tersebut kemudian mengering membentuk butiran-butiran kecil pada garis luka. Sejalan dengan berkembangnya penyakit bercak membesar dan berubah menjadi coklat dan bergerak menyamping melampaui pembuluh daun yang besar. Seluruh daun kultivar rentan bisa berubah menjadi coklat dan mati. Pada keadaan ideal untuk inveksi keseluruhan tanaman menjadi oranye kekuning-kuningan.

Penyakit bercak garis disebabkan oleh bakteri Xanthomonas campestris pv oryzicola (Xanthomonas oryzicola). Bakteri memasuki tanaman melalui kerusakan mekanik atau melalui terbukanya sel secara alami. Hujan dan angin akan sangat membantu penyebaran penyakit ini. Penyakit ini juga bisa menular melalui benih dan inang yang terinfeksi.

Beberapa pengendalian yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini antara lain:

  1. Gunakan benih padi yang sehat dan tahan terhadap penyakit ini.
  2. Bersihkan sisa tanaman padi yang pernah terserang penyakit ini
  3. Jarak tanam yang tidak terlalu rapat dan gunakan sistem legowo
  4. Kurangi penggunaan urea dan imbangi dengan unsur K
  5. Gunakan Coryne bacterium
  6. Aplikasikan bacterisida (Agrep, agrimixin, baktoxin)
  7. Gunakan fungisida berbahan aktif tembaga hidroksida

Demikian artikel singkat saya tentang penyakit bercak garis yang disebabkan oleh bakteri Xanthomonas oryzicola. Semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semua. Maspary sangat menharapkan kritik, saran serta penambahan informasi yang sifatnya membangun.

Jangan lewatkan artikel selanjutnya tentang penyakit-penyakit tanaman padi versi Gerbang Pertanian yang di hari kelima besok kita akan membahas tentang penyakit hawar daun bakteri (BLB).

-maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment