Saturday, February 12, 2011

PENYAKIT BERGARIS PADA TANAMAN PADI (Pseudomonas setariae)

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Pada hari ke 12 kemarin kita telah membahas tentang penyakit daun terbakar/ leaf scald pada tanaman padi, dan sekarang di hari yang 13 ini kita akan sedikit membahas tentang penyakit bergaris pada tanaman padi.

Gejala awal yang ditunjukkan oleh penyakit bergaris pada tanaman padi adalah adanya garis-garis membujur berwarna hijau gelap dekat pangkal pelepah daun dari bibit tanaman. Pada kondisi lembab bercak-bercak memanjang dan menyebar sepanjang pelepah dan pada helaian daun. Kemudian warna akan berubah menjadi coklat gelap. Bercak biasanya mempunyai panjang 3-10 cm dan lebar 0,5-1 mm. Tetapi bercak tersebut kadang-kadang menyatu membentuk garis-garis yang lebih lebar. Jika infeksi ringan bibit tetap bisa tumbuh namun akan tetap rusak dan jika infeksi berat menyerang akan menyebabkan bibit mati dan tanaman menjadi kerdil.

Gejala infeksi pada tanaman muda ditunjukkan oleh daun yang kaku tidak mau melipat dan dinamakan busuk pucuk. Jika hal tersebut terjadi dapat menyebabkan kematian pada tanaman. Umumnya infeksi terjadi pada tanaman tua namun juga bisa terjadi pada tanaman singgang.

Penyakit bergaris pada tanaman padi disebabkan oleh bakteri Preudomonas setariae.

Untuk mengendalikan penyakit bergaris ini dapat dilakukan dengan beberap cara:

  1. Menggunakan jarak tanam yang tidak terlalu rapat kalau perlu dengan dikombinasi dengan sistem jajar legowo
  2. Perlakuan bibit yang manusiawi, tidak perlu dirompes dan dipotong akarnya
  3. Penggunaan unsur Urea atau N yang tidak berlebih dan menambang unsur K.
  4. Dengan bakterisida seperti agrept dan bakstosin.

Rekan-rekan gerbang pertanian semua, demikian sedikit pembahasan tentang penyakit bergaris pada tanaman padi yang disebabkan oleh bakteri Preudomonas setariae. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Untuk pertemuan yang akan datang dihari yang ke 14 kita akan membahas tentang penyakit busuk akar pada tanaman padi. Jangan lewatkan ya…….

-maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

1 comments:

Anonymous said...

Bisa sodara tunjukkan gambar penyakit nya,,

sy pernh membiakkan penyakit padi, gejala na hmpr sm dengan sodara trngkan diatas,,

hasl yang sy perlh warna merah,,
itu blom sy murnikan..
bahn yg sy gunakan larutan TZC.,.

TEIMA KASH..

Post a Comment