Saturday, February 26, 2011

TRICHODERMA SP SEBAGAI PUPUK BIOLOGIS DAN BIOFUNGISIDA

trichoderma sp Salam Pertanian!! Ketergantungan kita terhadap bahan-bahan kimia (pupuk kimia) apalagi bahan yang bersifat sebagai racun (insektisida, fungisida dan bakterisida) harus segera kita tinggalkan. Kita harus menggali bahan-bahan disekitar kita yang bisa kita manfaatkan untuk mengganti bahan-bahan kimia tersebut. Sudah saatnya kita kembali ke alam. Banyak mikroorganisme yang dapat kita manfaatkan untuk proses kelestarian lingkungan kita.

Salah satu mikroorganisme fungsional yang dikenal luas sebagai pupuk biologis tanah dan biofungisida adalah jamur Trichoderma sp. Mikroorganisme ini adalah jamur penghuni tanah yang dapat diisolasi dari perakaran tanaman lapangan. Spesies Trichoderma disamping sebagai organisme pengurai, dapat pula berfungsi sebagai agen hayati dan stimulator pertumbuhan tanaman. Beberapa spesies Trichoderma telah dilaporkan sebagai agensia hayati seperti T. Harzianum, T. Viridae, dan T. Konigii yang berspektrum luas pada berbagai tanaman pertanian. Biakan jamur Trichoderma dalam media aplikatif seperti dedak dapat diberikan ke areal pertanaman dan berlaku sebagai biodekomposer, mendekomposisi limbah organik (rontokan dedaunan dan ranting tua) menjadi kompos yang bermutu. Serta dapat berlaku sebagai biofungisida. Trichoderma sp dapat menghambat pertumbuhan beberapa jamur penyebab penyakit pada tanaman antara lain Rigidiforus lignosus, Fusarium oxysporum, Rizoctonia solani, Sclerotium rolfsii, dll.

Sifat antagonis Trichoderma meliputi tiga tipe :

  1. Trichoderma menghasilkan sejumlah enzim ekstraseluler beta (1,3) glukonase dan kitinase yang dapat melarutkan dinding sel patogen
  2. Beberapa anggota trichoderma sp menghasilkan toksin trichodermin. Toksin tersebut dapat menyerang dan menghancurkan propagul yang berisi spora-spora patogen disekitarnya
  3. Jenis Trichoderma viridae menghasilkan antibiotik gliotoksin dan viridin yang dapat melindungi bibit tanaman dari serangan penyakit rebah kecambah

Pupuk biologis dan biofungisida Trichoderma sp dapat dibuat dengan inokulasi biakan murni pada media aplikatif, misalnya dedak. Sedangkan biakan murni dapat dibuat melalui isolasi dari perakaran tanaman, serta dapat diperbanyak dan diremajakan kembali pada media PDA (Potato Dextrose Agar). Isolasi banyak dilakukan oleh kalangan peneliti maupun produsen pupuk, tetapi masih terlalu merepotkan untuk diadopsi oleh petani. Sebagai petani, untuk lebih efisiennya dapat memproduksi pupuk biologis yang siap aplikasi saja, sehingga hanya perlu membeli dan memperbanyak sendiri biakan murninya dan diinokulasikan pada media aplikatif. Atau jika menginginkan kepraktisan dapat membeli pupuk yang siap tebar untuk setiap kali aplikasi.

Dari beberapa literatur yang pernah saya baca dengan penambahan pupuk biologis Trichoderma sp akan meningkatkan efisiensi pemupupukan. Pada tanah yang tandus pemberian pupuk organik Trichoderma sp dan pupuk kimia secara bersamaan akan memberikan hasil yang maksimal daripada pemberian pupuk organik atau pupuk kimia secara terpisah walaupun dengan jumlah yang banyak. Dengan pemberian pupuk organik akan menghemat penggunaan pupuk kimia.

Biasanya penyakit layu dan busuk pangkal batang pada tanaman disebabkan oleh jamur fusarium sangat sulit dikendalikan dengan fungisida kimia. Oleh karena itu tidak ada salahnya kita mencoba mengaplikasikan pupuk biologis dan biofungisida Trichoderma sp pada tanaman kita untuk mencegah penyakit akar dan busuk pangkal batang yang dapat menyebabkan layu tanaman.


Sekilas info,

Gerbang Pertanian menyediakan trichoderma cair yang siap pakai dengan harga sangat murah yaitu 12.500/ 600 ml. Harga untuk partai besar 325.000/ 25 liter.


-maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

11 comments:

anton junior said...

Di mana untuk mendapatkan biakan murni tricoderma? tks...

GERBANG PERTANIAN said...

Anda bisa mendapatkan biakan murni Trichoderma sp di laboratorium pengamatan hama dan penyakit terdekat. Gerbang Pertanian juga menyediakan starter Trichoderma sp dengan media beras.

Rohimat said...

Mohon Info, produk yang telah beredar dipasaran dengan bahan aktif Trichoderma.
Trims..

GERBANG PERTANIAN said...

Trichoderma yang beredar di pasaran antara lain Trico-G dan Promi.

Anonymous said...

Sy sebagai pendamping petani cabe dibuat kelimpungan bila cabe dampingan sy di serang layu fusarium dan layu bacteri.sy sdh mengatasinya dgn agrept,benlate tapi tdk nampak perubahan.kini sbagai praktisi budidaya kembali percaya diri dgn adanya Pgpr dan Trichoderma.terimakasih.mari kita dampingi terus petani agar mereka bisa terangkat baik secara sosial maupun teknologi.serang layu fusarium dan layu bacteri.sy sdh mengatasinya dgn agrept,benlate tapi tdk nampak perubahan.kini sbagai praktisi budidaya kembali percaya diri dgn adanya Pgpr dan Trichoderma.terimakasih.mari kita dampingi terus petani agar mereka bisa terangkat baik secara sosial maupun teknologi serta menjaga lingkungan dan makanan yg sehat.masdar karim Makassar.

romeo rohman said...

Bisakah kita petani belajar bagaimana mencari thricoderma sp dari alam sekitar,kalau bisa bgmana caranya?Bisakah kita petani belajar bagaimana mencari trichoderma sp dari alam sekitar,kalau bisa bgmana caranya?

Anonymous said...

trco G mantap tuh agan... bsa meminimalkan fusarium...

Rizal Rayhan said...

Apakah ada tricoderma dengan media cair?dan apakah tricoderma dengan media serbuk spt promi bisa diperbanyak dengan media cairan molase spt halnya mikroba di pupuk hayati? utk sumatra selatan di mana kami bisa mendapatkan tricoderma?
trimakasih

Rizal Rayhan said...

Trimakasih utk artikelnya,kami ada 3 pertanyaan mohon responnya:
1. Apakah tricoderma ada yang tersedia dalam media cair seperti halnya pupuk hayati yg banyak beredar di pasaran?
2. Apakah tricoderma dalam media serbuk (t.jagung,dedak, beras)atau spt promi yg beredar di pasaran itu bisa diperbanyak dengan media air dan molase?
3. Untuk daerah sumatra utara dan sumatra selatan dimana kami bisa mendapatkan tricoderma?
trimakasih

Unknown said...

apakah sudah ada pupuk yang mengandung trikoderma dan apa nama prodaknya?

Anonymous said...

Mohon Informasi .
Bagaimana cara membeli TRIKODERMA yg siap digunakan.
Apa ada Kios Penjualan TRIKODERMA di Propinsi Bengkulu

Post a Comment