Sunday, March 27, 2011

CORYNEBACTERIUM PADI SEHAT BEBAS KRESEK

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg


Salam pertanian!! Serangan penyakit kresek, hawar daun bakteri (BLB) pada tanaman padi telah meresahkan para petani kita. Sepertinya sekarang ini kresek telah menjadi penyakit utama pada tanaman padi. Kerugian yang ditimbulkan oleh serangan kresek tidak main-main, bisa mencapai 75 %.

Belum pahamnya petani tentang penyakit kresek ini menjadi kendala untuk mengendalikannya. Berbagai cara pengendalian secara kimia dilakukan petani namun banyak yang belum mendapatkan hasil yang maksimal. Padahal ada cara organik yang sangat efektif untuk mengendalikan penyakit kresek ini (keefektifannya bisa mencapai 80%).

Salah satu pengendali kresek yang telah teruji dalam berbagi demplot kita di daerah Banyumas adalah dengan menggunakan agensi hayati Coryne bacterium sp. Selain harganya sangat murah Coryne bacterium sp juga tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

Coryne bacterium sp. yang merupakan salah satu agens hayati bersifat antagonis dapat mengendalikan beberapa jenis penyakit tanaman. Yang paling utama Coryne bacterium sp. dapat mengendalikan penyakit kresek pada tanaman padi yang disebabkan oleh bakteri Xanthomonas campestris pv oryzae.

Adapun penyakit tanaman lain yang dapat dikendalikan oleh agens antagonis Coryne bacterium sp adalah penyakit bercak daun pada jagung, penyakit bengkak akar pada kubis, dan penyakit bakteri layu pisang

Bakteri ini berbentuk batang, jenis gram positif. Koloninya berwarna putih kotor, dan di bawah lampu ultra violet tidak bereaksi. Kemampuan bakteri ini dalam menekan penyakit Kresek (BLB) mencapai 80 persen.

Sasaran bakteri Coryne bacterium sp.

Bakteri ini efektif untuk mengendalikan penyakit Kresek (BLB) yang disebabkan oleh Xanthomonas campestris pv oryzae, Hawar Daun Jingga (BRS) yang disebabkan oleh Pseudomonas sp pada tanaman padi, bercak daun Helminthosporium sp dan Cercospora sp pada tanaman jagung, penyakit akar gada (Plasmodiophora brassicae) pada tanaman kubis, serta penyakit layu bakteri (Ralstonia solanacearum) pada tanaman pisang.

Untuk cara penggunaan Coryne bacterium sp. dapat anda download di sini.

SMS maspary 0812 2630 297.

DSCN4354

Untuk pembelian Coryne Bacterium silahkan Klik disini atau pada menu order.


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

9 comments:

Lesman Purba said...

Saya sangat tertarik dengan artikel mengenai coryne bacterium. Semoga insektisida ini bisa benar-benar membantu para petani khususnya agar petani tidak terlalu ketergantungan dengan berbagai insektisida kimia

GERBANG PERTANIAN said...

Trimakasih, anda bisa membuat sendiri Corynebacterium ataupun membeli yang siap aplikasi dari Gerbang Pertanian

Anonymous said...

ikhlas nggak kalau teknologi perbanyakkannya diberikan kepada para petani?

GERBANG PERTANIAN said...

Ikhlas sekali mas, malah itu yang saya harapkan. Untuk memperbanyaknya saya telah menulis secara detail di artikel yang lain. silahkan cari dengan kata kunci "cara memperbanyak coryne bakterium"

Anonymous said...

biang verticillium lecanii ada gak mas? sekalian tolong dibahas cara perbanyakannya,dan hal-hal teknis apa saja yang harus diperhatikan dalam perbanyakannya.terima kasih sebelumnya.

Abd. Yazid Muammar said...

Bertanya:
bagaimana untuk aplikasi pada KRESEK Melon dan Semangka? Apakah dapat digunakan dan bagaimana dosis anjuran tan aturannya Pak?
Dr: Yazid Muammar Grobogan JAteng

GERBANG PERTANIAN said...

Corynebacterium tidak bisa digunakan untuk mengendalikan kresek pada melon dan semangka pak. Yang bisa kresek pada padi dan jagung.

Anonymous said...

terima ksh dgn info yg di berikn,sgt membantu,

klu bleh sya bertanya?
saya mengalami pembusukan pda btang padi,
bgai mna cara menanggulangi x?

bsa menjelas kan tnam padi,TABELA/TNAM BENIH LANGSUNG?

Anonymous said...

downloadanyya kok ada paswordnya

Post a Comment