Friday, March 11, 2011

MENGATASI PENYAKIT KUDIS PADA KAMBING

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

12062010(007) Salam pertanian!! Rekan-rekan gerbang pertanian semua, kali ini saya akan membagikan sedikit tips sederhana mengatasi penyakit kudis pada kambing. Penyakit kudis pada kambing merupakan penyakit sepele tetapi sering menyerang di peternakan kambing kita. Penyakit ini akan mudah menyerang pada peternak yang jorok yaitu pada peternakan yang  kandangnya kotor dan kambingnya juga jarang dimandikan.

Secara umum tindakan yang perlu dilakukan untuk mengurangi penyebaran penyakit kudis pada ternak kambing adalah:

  1. Jika ada ternak yang terserang kudis harus segera dipisahkan,
  2. Segera lakukan pengamatan secara mendalam pada ternak-ternak yang lain apakah ada tanda-tanda sakit atau tidak misalnya tingkah laku ternak, tanda-tanda fisiknya, nafsu makan dan sebagainya, dan
  3. Segera lakukan pengobatan pada ternak yang terserang kudis.

Pemakaian obat-obatan memerlukan kehatian-hatian karena kesalahan pemberian akan berakibat fatal dan kalaupun tidak maka pemakaian obat yang tidak tepat akan merugikan peternak. Namun demikian, mengobati ternak yang sakit tidak harus menggunakan obat buatan pabrik.

Berdasarkan pengalaman lapangan yang pernah penulis alami, pemakaian obat-obatan tradisional tidak kalah manjurnya untuk mengobati ternak sakit.  Pemanfaatan obat tradisional dianjurkan karena selain dapat menghemat biaya, juga dapat mengurangi ketergantungan petani peternak terhadap obat-obat ternak pabrik yang biasanya kurang bahkan tidak tersedia di pedesaan.

 
Untuk pengobatan penyakit kudis pada kambing cukur bulu sekitar daerah terserang, lalu mandikan ternak dengan sabun sampai bersih, kemudian jemur sampai kering. Setelah kering dapat diobati dengan menggunakan beberapa cara:

  1. Belerang dihaluskan, dicampur kunyit dan minyak kelapa, kemudian dipanaskan dan digosokkan pada kulit yang sakit;
  2. Belerang dihaluskan dan dicampur dengan oli bekas dan digosok pada bagian kulit yang sakit
  3. Kamper/ kapur barus digerus, dicampur minyak kelapa dan dioleskan pada bagian kulit yang sakit.

Pencegahan:

  • Ternak yang berpenyakit kudis tidak boleh bercampur dengan ternak yang sehat;
  • Ternak yang baru dibeli harus bebas dari penyakit kudis;
  • Mandikan ternak dua minggu sekali;
  • Bersihkan kandang seminggu sekali.

Saya kira sampai disini dulu pembahasan kita tentang cara mengatasi penyakit kudis pada kambing. Semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan kita yang membudidayakan kambing. Ada informasi tambahan tentang mengatasi penyakit kudis pada kambing? Silahkan tulis di kolom komentar dibawah ini.

-maspary-


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

4 comments:

kayu jabon said...

mampir nich...
saya suka dengan blog anda.. tips-tipsnya oke-oke..

Eva@penginapan di jakarta said...

haduh.. perhatian banget ya ma binatang??? hhe

jasa pengamanan said...

ngintip bentar ah... hiks hiks

kang takim said...

terimakasih atas tips yang diberikan, akan saya coba tips tersebut, semoga cess pleng!!!
jadi pengen tau lagi ni mas, kalok kambing yang matanya sakit (belekan dan keluar air mata, tapi bukan nangis) obat tradisional dan kimianya apa mass, terimakasiih

Post a Comment