Tuesday, April 5, 2011

CARA MUDAH MENDAPATKAN PROGRAM PUAP (MELALUI JALUR KHUSUS)

pelaksanaan-program-puap Salam pertanian!! Rekan-rekan petani semua. Ada informasi sangat penting yang ingin saya sampaikan kepada Gapokan (Gabungan Kelompok Tani) seluruh Indonesia. Informasi ini berkaitan dengan bagaimana cara mudah mendapatkan program PUAP (Peningkatan Usaha Agribisnis Pedesaan).

Seperti telah kita ketahui bersama, program PUAP merupakan program dari pemerintah untuk meningkatkan usaha agribisnis para petani dipedesaan. Nilai nominan program tersebut adalah Rp.100.000 (seratus juta rupiah), lumayan besar yach…… Dana tersebut merupakan dana hibah yang artinya Gapoktan  tidak perlu mngembaliknnya. Gapoktan cukup mengelola dana tersebut dengan cara mengembangkannya untuk keperluan usaha tani petani mereka. Boleh dipinjamkan ataupun untuk usaha saprodi dan budidaya.

Kemarin sore tepatnya tanggal 18 Maret 2011 saya kedatangan tamu seorang anggota dewan Kabupaten Banyumas, yang kebetulan beliau adalah teman lama saya (lama nggak ketemu, lama nggak kontek dan lama nggak kenal). Tidak perlu saya jelaskan lebih jauh tentang basa basi pembicaraan kami.

Pada intinya beliau mengatakan kalau dari partainya bisa mengusulkan untuk para Gapoktan yang ingin mendapatkan program PUAP bisa beliau rekomendasikan. Namun pastinya ada syarat yang harus dipenuhi:

  1. Harus mendaftarkan dulu ke beliau
  2. Setelah dipusat di ACC Gapoktan wajib membuat semacam proposal pengajuan PUAP
  3. Setelah program PUAP nantinya cair ke rekening Gapoktan maka Gapoktan wajib Menyetorkan sebagian uang puap ke yang memberikan rekomendasi (besarnya sekitar 15-20 %)

Itulah tawaran program PUAP yang disampaikan kepada saya untuk disampiakan kepada rekan-rekan petani.

Tapi mohon maaf saya tidak bisa menerima tawaran tersebut karena saya anggap hal tersebut merupakan tindakan yang kurang baik. Selain tindakan tersebut sarat dengan tindakan penyuapan nantinya kita juga akan kesulitan dalam mempertanggungjawabkannya. Baik itu tanggung jawab moral maupun tanggung jawab pelaporan keuangan.

Oleh karena itu dapatkan program PUAP dengan cara yang semestinya saja, misalnya dengan cara mengaktifkan Gapoktan. Pengaktifan Gapoktan dilakukan dengan cara pembangunan kelembagaan kelompok-kelompok tani yang kreatif, aktif dan mandiri. Dengan kelembagaan petani yang maindit otomatis akan bisa membawa amanat program PUAP untuk menuju kebaikan dan lebih bisa bermanfaat bagi petani. Tanpa didasari kelembagaan petani yang bagus ditakutkan program PUAP akan berjalan seperti program terdahulu  yaitu KUT.


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

7 comments:

Anonymous said...

saya mau tanya gan bantuan untuk program minapolitan (banyumas) itu termasuk PUAP bukan?kelompok petani saya diberitakan secara lisan dapat bantuan tapi kurang jelas (untuk kejelasan resminya kemana?)
karna kemungkinan ada indikasi penyelewengan dari pemerintah desa. lokasi saya di purwokerto utara.
nice inpo gan

GERBANG PERTANIAN said...

Program minapolitan termasuk Program PUAP, Jika ingin informasi secara detail hubungi Bpk Imam Sumardi di Kantor BAPELLUH & KP. Jl Jenderal Gatot Soebroto no nya saya lupa.

Anonymous said...

p sy pengen lebih tau tentang PUAP ini d bawah dep/kementrian mana..thak sblmnya

Anonymous said...

ya...janganlah kita ambil jalan pintas karena itu tidak akan mendukung tujuan program PUAP.klo mmang wadahnya belum siap ya memang pantas belum dapat.jangan sampe duit rakyat dihambur-hamburkan dengan percuma.mari gapoktan2 kita perbaiki gapoktan kita agar bantuan PUAP dpt tepat mengenai sasaran dan petani indonesia maju....

Anonymous said...

program PUAP dari Kementrian pertanian pengelolanya gapoktan, kalau minapolitan dari kementrian kelautan perikanan, selain minapolitan kementrian kelautan perikanan juga ada program sejenis puap yaitu PUMP (pengembangan usaha mina pedesaan)nilai hibahnya sama dengan puap Rp.100.000.000,- (seratus juta rupiah)pengelolanya bukan gapoktan tapi POKDAKAN (kelompok pembudidaya ikan)

antoni said...

leawat tim tehnis kab.kota ja gratis bro...lewt rekomendasi dinas pertanian.....tp ya bener2 binaan sekecil2nya kelompok tani....gt low......

Anonymous said...

Sy salah satu gapoktan, tapi kami kesulitan untuk berkomunikasi dg pihak terkait baik itu dlm bidang pngembngan rekayasa pertanian maupun permodalan. Kami mhon informasi ttg gapoktan atau perihal bantuan permodalan bidang pertanian di daerah cianjur. Terima kasih

Post a Comment