Tuesday, May 17, 2011

BEDA DOD JANTAN DAN BETINA

memilih-dod Setelah kita kemarin bercerita tentang tips sukses menetaskan telur bebek, kali ini kita akan berbagi ilmu tentang membedakan DOD jantan dan betina. Masih bersama Gerbang Pertanian tentunya. Tips ini saya peroleh dari Bapak  Joglo Tani.

Ilmu cara membedakan DOD jantan dan betina ini sebenarnya nggak penting lagi bagi petani bebek yang sudah berpengalaman, namun sangat penting bagi orang awam seperti saya ini atau bagi peternak bebek yang masih pemula. Hasil liputan yang dilakukan oleh Gerbang Pertanian mencatat beberapa perbedaan DOD jantan dan betina.

Beda DOD jantan dan betina:

  1. DOD jantan biasanya mempunyai paruh lebih mengkilap daripada yang betina
  2. Ukuran badan DOD jantan biasanya lebih besar daripada yang betina
  3. Suara DOD jantan bersuara lebih serak (parau) daripada DOD betina
  4. DOD jantan biasanya mempunyai leher yang lebih pendek
  5. Ekor DOD jantan biasanya lebih naik daripada DOD betina.

Setelah kita membaca artikel tentang beda DOD jantan dan betina maspary harapkan pembaca paham beda DOD jantan dan betina, hal ini bermanfaat bagi petani bebek yang ingin melakukan penyortiran DOD.

Akhir kata semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua, jika ada kritik, saran dan penambahan informasi silahkan tuliskan pada kolom komentar. (maspary)


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment