Friday, May 27, 2011

CARA MENGENDALIKAN HAMA WALANG SANGIT (Leptocorisa acuta)

mengendalikan-hama-walang-sangit Salam Pertanian! Saya kira cara mengendalikan hama walang sangit (Leptocorisa acuta)merupakan hal yang tidak perlu saya ulas karena saya anggap semua petani telah memahaminya. Ternyata  masih ada beberapa SMS yang masuk ke HP yang menanyakan bagaimana cara mengendalikan hama walang sangit ini. Oleh karena itu saya kira Gerbang Pertanian perlu mengulasnya lagi dengan versinya sendiri.

Menurut Maspary ada hal yang perlu diperhatikan tentang hama walang sangit ini, yaitu bahwa hama ini memakan inangnya dengan cara menghisap. Walang sangit  menjadi hama pada tanaman padi ketika dia menghisap cairan yang berada di bulir padi. Oleh karena itu walang sangit akan menjadi hama ketika menyerang padi yang telah mulai masuk pada fase pengisian bulir. Lebih jelasnya bahwa walaupun ada walang sangit pada tanaman padi kita tetapi jika tanaman padi tersebut tidak dalam fase pengisian bulir maka walang sangit tersebut bukanlah hama dan tidak perlu kita kendalikan.

Sebenarnya cara mengendalikan hama walang sangit sangatlah mudah karena menurut pengalaman kami dengan insektisida yang murahan pun bisa kita kendalikan. Akan tetapi Gerbang Pertanian disini akan sedikit menekankan bukan hanya mengendalikan hama walang sangit tetapi juga memperhatikan faktor hama lain. Karena yang saya amati didaerah kami dalam mengendalikan hama ini petani selalu mengutamakan faktor kepuasan, maksudnya petani selalu menggunakan insektisida yang punya efek knockdown tinggi. Sehingga beberapa menit setelah semprot hama walang sangit akan langsung jatuh atau mati menempel di tanaman padi. Dengan kejadian ini biasanya petani sangat puas. Padahal insektisida yang punya efek knockdown tinggi biasanya dari golongan piretroid sintetik seperti fastac (alfa sipermetrin), matador (lamda sihalotrin), buldok (betasiflutrin), decis (deltametrin), sidametrin (sipermetrin) dll. Berkali-kali telah saya sarankan kepada pembaca Gerbang Pertanian semua bahwa penggunaan insektisida golongan piretroid sintetik pada tanaman padi akan bisa memacu ledakan hama wereng. Baca tulisan Maspary yang berjudul Bahaya Insektisida Piretroid Sintetik Pada Tanaman Padi.

Yang menjadi pertanyaan “ lalu insektisida apa yang tepat untuk hama walang sangit ini ?”  banyak insektisida yang bisa kita gunakan untuk mengendalikan hama walang sangit ini kalau bisa kita cari yang cara kerjanya secara sistemik dan tentunya yang telah direkomendasikan pada tanaman padi oleh KOMPES (komisi pestisida). Kenapa saya sarankan menggunakan insektisida yang mempunyai cara kerja sistemik karena menurut saya dengan insektisida ini kita akan lebih lama melindungi tanaman padi dan biasanya akan relatif lebih aman terhadap musuh alami. Namun yang menjadi tidak bisa memuaskan nafsu petani adalah bahwa insektisida dengan cara kerja sistemik biasanya tidak mempunyai efek knockdown sehingga tidak bisa langsung mematikan hama walang sangit, tetapi menunggu sampai sehari semalam biasanya baru terlihat hasilnya. Banyak pilihan insektisida yang mempunyai cara kerja sistemik yang direkomendasikan untuk padi seperti spontan, regent, sponsor, virtako dll. Pilih saja sesuai dengan kemampuan kantong anda.

Bagi anda yang menanam padi secara organik Gerbang Pertanian telah menulis beberapa resep Insektisida organik yang bisa digunakan untuk mengendalikan hama ini. Anda bisa juga menggunakan bio-insektisida seperti Beauveria sp dan Mettarrhizium sp. Cara lain yang bisa kita gunakan untuk mengendalikan hama walang sangit ini adalah menggunakan perangkap bau yang menyengat di pojok-pojok pematang, setelah hama walang sangit berkumpul baru kita aplikasi insektisida.

Pesan dari Maspary: Jangan kuatir tentang hama walang sangit, hama ini sangat mudah dikendalikan. Oleh karena itu jangan gunakan insektisida piretroid sintetik untuk mengendalikan hama walang sangit ini karena akan memicu ledakan hama wereng. Walang sangit yang menyerang diluar fase pengisian bulir padi bukanlah hama dan belum perlu dikendalikan.

Semoga tulisan Gerbang Pertanian tentang cara mengendalikan hama walang sangit ini bisa menjawab dari berbagai pertanyaan melalui SMS pada kami dan bisa  berguna bagi pembaca semua. Kritik, saran, masukan dan pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini (Maspary)


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

3 comments:

Dewa said...

Maaf pak bukan maksud saya menggurui.. Bukankah insektisida sistemik semacam spontan, regent dan virtako tidak direkomendasikan untuk walang sangit, karena setahu saya insektisdida tersebut untuk penggerek batang padi, ulat pelipat daun, lalat bibit dan hama putih palsu? terima kasih

Anonymous said...

iya sya setuju dengan dewa

Anonymous said...

Untuk Mengendalikan Walang Sangit secara sistemik, sekarang sudah ada dipasaran yaitu Plenum.Sudah Saya coba Plenum dapat mengendalikan walang sangit selama lebih kurang 7 sampai 14 hari.Aman untuk musuh alami padi. Mudah-mudahan bermanfaat. Salam pertanian dari Yanto

Post a Comment