Tuesday, June 14, 2011

CARA SEDERHANA MEMBUAT FUNGISIDA ORGANIK

fungisida-organik Setelah sebelumnya Gerbang Pertanian menulis berbagai macam artikel tentang insektisida organik kini kami ingin sedikit membagikan tips kepada pembaca semua tentang bagaimana cara sederhana membuat fungisida organik. Saya katakan sederhana karena caranya memang simpel, cepat dan tidak ribet.

Bagi pembaca yang belum tahu apa itu fungisida organik maspary akan menjelaskan istilah tersebut terlebih dahulu. Sehingga tidak terjadi salah pengertian dan salah aplikasinya. Fungisida berasal dari kata fungi dan sida, fungi berarti jamur sedangkan sida berarti racun. Sedangkan organik adalah semua bahan yang berasal dari mahluk hidup. Jadi bisa kita simpulkan arti dari fungisida organik adalah bagian dari mahluk hidup baik itu tanaman, hewan maupun manusia yang bisa berfungsi sebagai racun bagi jamur penyebab penyakit pada tanaman. Sehingga fungisida organik tersebut tidak bisa untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus, apalagi untuk mengatasi hama jelas nggak bisa. Oleh karena itu kita harus jeli dan paham dulu serta bisa menentukan penyebab penyakit pada suatu tanaman sebelum mengendalikannya.

Fungsida organik yang akan Gerbang Pertanian jelaskan nanti lebih bersifat mencegah bukan mengobati, karena fungisida organik tersebut cenderung bersifat kontak cara kerjanya. Namun dari berbagai pengalaman petani fungisida organi tersebut lumayan ampuh untuk mengendalikan penyakit pada berbagai tanaman seperti padi, cabai, tomat, terong dan sayuran lainnya.

Nggak usah panjang lebar langsung saja kita praktek membuatnya:

Alat dan bahan fungisida organik:

  1. Bender bumbu, atau lumpang atau alat penghalus lainnya
  2. Saringan yang lembut
  3. Kunir  1 bagian
  4. Jahe 1 bagian
  5. Laos 1 bagian

Cara membuat fungisida organik:

  1. Cara membuat fungisida organik ini sangatlah mudah yaitu tinggal diblender saja sampai halus dan keluar airnya.
  2. Setelah halus silahkan peras dan ambil airnya
  3. Kemudian saring dengan penyaring atau kain.

 

Cara Aplikasi fungisida organik:

  1. Ambil 2 - 3 sendok makan larutan tadi kemudian campurkan dengan air satu tangki sprayer (kurang lebih 14 liter).
  2. Bila perlu tambahkan detergen atau sabun pencuci piring satu atau dua sendok
  3. Semprotkan secara merata pada seluruh daun dan batang tanaman
  4. Jangan lupa nyemprotnya pagi atau sore hari ya! Kalau lebih bagusnya sih sore hari saja tapi kalau tidak mendung.

Sebenarnya perlu dikaji lebih jauh sejauh mana efikasi fungisida organik ini. Bisa digunakan untuk tanaman apa saja dan untuk penyakit apa saja. Tapi saya kira ini bukan tugasnya maspary, tapi tugasnya para dosen, mahasiswa atau peneliti lainnya. Karena telah diketahui bersama dari ketiga bahan diatas mengandung zat yang sangat berkasiat obat bagi manusia sejak lama.

Sebenarnya Gerbang Pertanian masih ada artikel tentang cara membuat fungisida organik yang lain, namun akan kami postingkan lain waktu saja. Ini sudah terlalu panjang, saya takut pembaca semua jadi bosan.

Dan akhirnya selamat mencoba tips dari Gerbang Pertanian tentang cara sederhana membuat fungisida organik. Semoga bisa bermanfaat dalam mendukung kesuksesan bertani para pembaca semua.(maspary)


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

2 comments:

roistiawan.blogspot.com said...

wah makasih buat share nya

petani muda said...

terima kasih,,,besok langsung praktek

Post a Comment