Tuesday, June 21, 2011

MEMBUAT TORTILLA DARI AMPAS TAHU

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

tortilla-ampas-tahu Salam pertanian!! Sebelum kita membahas tentang cara membuat tortilla dari ampas tahu Maspary ingin tanya dulu apa ada yang belum tahu atau belum pernah makan  tortilla? Tortilla pada umumnya merupakan makanan ringan berbentuk keripik dengan bahan baku jagung.  Tortilla sebenarnya dapat dibuat dari berbagai bahan terutama yang mengandung pati atau bahan tidak berpati dengan penambahan tepung pati. Bahkan jika ingin menambahkan nilai gizi pada tortilla yang akan kita buat kita bisa juga menambahkan susu.

Pemanfaatan ampas tahu sampai saat ini belum maksimal, biasanya hanya untuk penambahan pakan ternak. Tapi kalo di Banyumas sudah lumayan lo….. ampas tahu kalo di Banyumas biasanya dibuat makanan yang namanya temlek. Yaitu ampas tahu dikasih bumbu lalu dibentuk bulat dan dibungkus tepung lalu digoreng. Ampas tahu merupakan hasil samping dalam proses pembuatan tahu berbentuk padat dan diperoleh dari bubur kedelai yang diperas. Ampas tahu mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi, sayang kalau tidak dimanfaatkan. Maka dari itu mari kita belajar cara  membuat tortilla dari ampas tahu.  Udah nggak sabar ingin membuat ya?

Bahan baku :

  1. Jagung 0,7 kg
  2. Ampas tahu 0,3 kg
  3. Garam dapur 12,5 gram
  4. Bawang Putih 20 gram
  5. Penyedap, air dan minyak goreng secukupnya.

Cara pembuatan:

  1. Jagung yang telah direndam dalam larutan kapur kemudian digiling.
  2. Ampas tahu dikukus. Jika menggunakan ampas tahu segar sebaiknya dipres (ditekan) terlebih dahulu sedangkan jika menggunakan tepung ampas tahu, lakukan penambahan air dengan jumlah sesuai berat ampas atau sampai basah.
  3. Campur ampas tahu, bumbu, dan jagung giling (dapat juga dari jagung yang belum digiling) lakukan penggilingan agar adonan tercampur rata.
  4. Lakukan pemipihan adonan dengan mesin pembuat pasta sampai ketebalan 1-2 mm.
  5. Lakukan pemotongan dengan ukuran yang seragam.
  6. Keringkan pada oven pengering.
  7. Lakukan pengemasan atau penggorengan.

Mudah sekali ya cara membuat tortilla dari ampas tahu. Kalo ingin menambah nilai gizinya bisa menambahkan susu pada adonan tersebut. Semoga pertemuan dengan Gerbang Pertanian kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua terutama bagi pembaca yang sedang mencari artikel cara membuat tortilla dari ampas tahu (maspary).


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment