Friday, December 2, 2011

MEMBUAT GIBERELLIN/ GA3 TABLET EFFERVESENT

GA3_Tablet_Effervescent Salam Pertanian!! Beberapa waktu yang lalu saya telah menulis manfaat GA3 dan cara aplikasi GA3 pada berbagai tanaman. Kali ini Gerbang Pertanian akan memberikan tips cara membuat giberellin Tablet atau GA3 Tablet.

GA3 dipasaran dijual dalam berbagai formulasi, tepung, cair dan tablet. Kalau GA3 tepung dan cair saya kira rekan-rekan sudah paham cara membuatnya. Sedangkan GA3 tablet memang ada beberapa tahap dan beberapa bahan kimia yang harus digunakan. Sehingga Giberellin ini akan mempunyai efek effervesent (mudah larut dan mengeluarkan gelembung ketika dimasukkan ke dalam air).

Pada prinsipnya pembuatan Giberellin tablet hanya menggabungkan bahan asam dan bahan basa, sehingga akan bereaksi effervesent ketika bersentuhan dengan air.

 

 

Cara Membuat GA3 (Giberellin) Tablet Effervesent:

 

Granul Asam

  1. Acid Citric          20 %
  2. Lactose              20 %
  3. PVP K 25/30         2 %
  4. Alkohol 96 %         3 %

Prosedur Pembuatan Granul Asam : PVP K 25/30 dilarutkan dalam alkohol 96 %, tambahkan laktose dan Acid Citric.

 

Granul Basa

  • Sodium Bicarbonate 30 %

 

Prosedur Pencampuran : Granul asam + Granul Basa + GA3 20 %  + Magnesium Stearat 1 % + Talcum 2 % + HDK Wacker 2 %. Setelah tercampur secara homogen, kemudian dicetak menjadi tablet yang kandungan airnya tidak boleh lebih dari 0,5 %.

 

Mudah bukan? Tulisan dari Maspary ini sebenarnya hanyalah sekedar informasi saja bagi para petani Indonesia, karena para petani rasanya nggak perlu membuat GA3 tablet effervesent. Karena petani hanyalah pemakai yang membutuhkan GA3 dalam jumlah yang sedikit (sesuai kebutuhan tanamannya saja). Yang perlu membuat tentunya para produsen atau penjual GA3. Informasi ini saya berikan agar petani tidak heran dan bisa paham tentang cara pembuatan giberellin tablet effervesent.

Semoga tulisan ini bisa menambah kasanah pengetahuan bagi Petani Indonesia dan tentunya semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

 

Sukses Buat Petani Indonesia

 

        maspary


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

3 comments:

bhayu said...

pembelian bahan-bahannya dimana gan n info harganya gan...!!
makasih...
pengen coba gan....

Anonymous said...

Bahan2nya yang dari alam resepnya ada gak Gan?... Salam PERTANIAN

Dien Sirajuddin said...

Informasi yang sangat berharga, tapi bahan2 untuk membuatnya kira2 kita bisa dapatkan dimana ya..? gan

Post a Comment