Thursday, March 1, 2012

13 KELEBIHAN PUPUK ORGANIK DIBANDING KIMIA

Salam Tani !! Ternyata masih banyak dari rekan-rekan Gerbang Pertanian yang belum paham tentang pupuk organik ini terbukti masih banyak yang SMS ke maspary yang menanyakan tentang pupuk pupuk organik tersebut. Dalam kesempatan kali ini maspary membatasi pembicaraan hanya tentang pupuk organik padat dan pupuk organik granule seperti yang biasa kita lihat dan kita beli di kios-kios pertanian. 

Sebenarnya jika kita ada kemauan untuk membuat pupuk organik tersedia bahan berlimpah disekitar kita. Tetapi pada umumnya petani enggan membuat pupuk organik tersebut dan lebih suka membeli pupuk organik buatan pabrik dengan harga Rp.700/ kg atau lebih. Katanya yang lebih praktis. Ya itulah sifat dasar orang Indonesia yang terkadang kurang bangga dan yakin dengan buatan sendiri. Mereka lebih suka membeli pupuk organik granule buatan pabrik atau perusahaan tertentun.

Maspary selalu mendorong teman-teman petani untuk membuat pupuk organik sendiri saja dari bahan-bahan seadanya disekitar kita.  Yang penting intinya bahan-bahan organik tersebut (sampah organik, sisa buah-bahan, sisa dedaunan, jerami, limbah ikan, kotoran ayam, kotoran sapi, kotoran kambing dll)  kita fermentasi dan setelah jadi kompos baru kita gunakan ke lahan.

 

Gambar: Kotoran sapi salah satu bahan organik sumber pupuk organik

pupuk-organik-bahan-berlimpah

Gampang kan ? Kenapa kita harus selalu membeli ?

Padahal tidak semua pupuk organik granule kualitasnya lebih baik dari buatan kita sendiri. Karena maspary pernah menjumpai pupuk organik granule dari perusahaan terkenal yang isinya bahan organik + tanah liat yang di granule kan. Dan setelah maspary aplikasikan ke tanaman cabe justru tanaman saya yang menjadi layu karena belum terdekomposisikan dengan sempurna. Yang lebih mengerikan lagi pupuk organik tersebut masih dicampur dengan sampah kaca dan kerikil.

 

13 Kelebihan pupuk organik dibanding pupuk kimia antara lain :

  1. Seperti yang saya ceritakan tadi pupuk organik harganya murah dan mudah dibuat sendiri.
  2. Pupuk organik mengandung unsur mikro yang lebih lengkap dibanding pupuk anorganik.
  3. Pupuk organik akan memberikan kehidupan mikroorganisme tanah yang selama ini menjadi sahabat petani dengan lebih baik.
  4. Pupuk organik mampu berperan memobilisasi atau menjembatani hara yang sudah ada ditanah sehingga mampu membentuk partikel ion yang mudah diserap oleh akar tanaman.
  5. Pupuk organik berperan dalam pelepasan hara tanah secara perlahan dan kontinu sehingga dapat membantu dan mencegah terjadinya ledakan suplai hara yang dapat membuat tanaman menjadi keracunan.
  6. Pupuk organik membantu menjaga kelembaban tanah dan mengurangi tekanan atau tegangan struktur tanah pada akar-akar tanaman
  7. Pupuk organik dapat meningkatkan struktur tanah dalam arti komposisi partikel yang berada dalam tanah lebih stabil dan cenderung meningkat karena struktur tanah sangat berperan dalam pergerakan air dan partikel udara dalam tanah, aktifitas mikroorganisme menguntungkan, pertumbuhan akar, dan kecambah biji.
  8. Pupuk organik sangat membantu mencegah terjadinya erosi lapisan atas tanah yang merupakan lapisan mengandung banyak hara.
  9. Pemakaian pupuk organik juga berperan penting dalam merawat/menjaga tingkat kesuburan tanah yang sudah dalam keadaaan berlebihan pemupukan dengan pupuk anorganik/kimia dalam tanah.
  10. Pupuk organik berperan positif dalam menjaga kehilangan secara luas hara Nitrogen dan Fosfor terlarut dalam tanah
  11. Keberadaan pupuk organik yang tersedia secara melimpah dan mudah didapatkan.
  12. Kualitas tanaman yang menggunakan pupuk organik akan lebih bagus jika dibanding dengan pupuk kimia sehingga tanaman tidak mudah terserang penyakit dan tanaman lebih sehat.
  13. Untuk kesehatan manusia tanaman yang menggunakan pupuk organik lebih menyehatkan karena kandungan nutrisinya lebih lengkap dan lebih banyak.

Setelah kita mengetahui 13 kelebihan penggunaaan pupuk organik tersebut akankah kita masih membabi buta dan selalu mengandalkan pupuk kimia untuk tanaman kita ?

Silahkan dipikir dan direnungkan sendiri.

Semoga tulisan maspary yang singkat ini bisa memberikan wawasan  dan masukan kepada rekan-rekan Gerbang Pertanian untuk bertani lebih bijaksana dengan masih memikirkan kelestarian bumi kita menuju pertanian Indonesia yang lebih baik di esok hari.

 

    Maspary


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

3 comments:

aji said...

bener....masyarakat penginnya semua serba instan.
gak mau repot.

Anonymous said...

Petani indonesia harus kita kasih pengarahan untuk menggunakan pupuk organik buatan sendiri. Jangan terus mengharapkan Pupuk KIMIA produksi Negara lain. Selain hasilnya lebih bagus, hemat transportasi, waktu, duit. Kita harus menghemat devis negara. Thanks

Pupuk Ultra Gen said...

penerapan pupuk organik pada lahan pertanian memang hasilnya tidak secepat menggunakan pupuk kimia, tapi jika rutin menggunakan pupuk organik maka untuk jangka panjang hasil pertanian akan jauh lebih besar dibandingkan pertanian yang menggunakan pupuk kimia

Post a Comment