Wednesday, May 2, 2012

MEMBUAT MOL REBUNG BAMBU

Salam Pertanian !! Jumpa lagi dengan Gerbang Pertanian. Setelah kemarin kita membahas tentang bahan utama pembuatan MOL, sekarang maspary akan memosting tentang cara membuat dan manfaat MOL rebung bambu. Seperti kita ketahui yang namanya bambu biasanya dimanapun akan tumbuh subur, termasuk didaerah tanah yang tandus sekalipun. Dan yang lebih hebat, tanaman bambu akan mengubah tanah yang tadinya tandus menjadi subur. Oleh karena itu tanah-tanah disekitar perakaran pohon bambu biasa digunakan untuk media pembibitan.

 

MOL-rebung-bambu

 

Bukan hanya itu saja, bambu juga mampu tumbuh begitu cepat walaupun tanpa pupuk sama sekali. Oleh karena itu kita akan mencoba memanfaatkan tanaman bambu muda (rebung) untuk kita jadikan MOL. Menurut beberapa informasi yang maspary peroleh, MOL rebung bambu mempunyai kandungan C organik dan giberellin yang tinggi sehingga mampu merangsang pertumbuhan tanaman secara cepat. Selain itu MOL rebung bambu juga mengandung mikroorganisme yang sangat penting untuk membantu pertumbuhan tanaman yaitu Azotobacter dan Azospirillium.

Kalau dilihat dari kandungannya tersebut MOL rebung bambu bisa kita gunakan sebagai perangsang pertumbuhan padi saat fase vegetatif (tanaman muda) umur kurang dari 35 hst. Selain itu MOL rebung bambu juga sangat bagus digunakan untuk pengomposan.

 

Cara Membuat MOL Rebung Bambu

Bahan:

  1. 1 Kg rebung bambu
  2. Air cucian beras 2,5 - 3 liter
  3. 1 butir buah maja
  4. Gula merah  1 - 2 ons

 

Cara membuat :

  1. Rebung bambu diiris tipis-tipis atau ditumbuk juga boleh
  2. Masukkan rebung bambu yang telah dihaluskan ke dalam jerigen
  3. Masukkan daging buah maja yang telah dihaluskan
  4. Masukkan gula merah
  5. Masukkan air cucian beras
  6. Tutup rapat jerigen tersebut, dan kocok-kocok hingga tercampur
  7. Buka sebentar tutup jerigen tiap pagi sekali agar gas dalam jerigen bisa keluar.
  8. Setelah 15 hari siap digunakan

 

Cara penggunaan :

  1. Untuk pengomposan, campur larutan mol dan air dengan perbandingan 1 : 5 (1 liter MOL dicampur dengan air bersih 5 liter). Siram atau semprotkan ke bahan pupuk kompos/ pupuk kandang yang akan dikomposkan.
  2. Untuk pemupukan tanaman, campurkan 1 bagian MOL rebung bambu dengan air bersih 15 bagian. Semprotkan atau kocorkan pada tanaman.

 

Semoga sedikit informasi di Gerbang Pertanian tersebut bisa bermanfaat bagi para petani Indonesia. Ya, bisa untuk menghemat penggunaan pupuk kan. Gak ada salahnya kalau kita coba dan kita kembangkan ke teman sesama petani untuk meningkatkan kemandirian para petrani.

 

Sukses Petani Indonesia !!

    

 

        Maspary


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

2 comments:

Anonymous said...

mohon infonya bila tidak ada buah maja apa tidak ada alternatif lain?


trim


hanif

Anonymous said...

tulisan anda sangat membantu , kunanti karya-karya yang lainnya

Post a Comment