Sunday, October 28, 2012

BUNGA SEBAGAI OBAT HERBAL

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Salam Pertanian !! Bungan merupakan bagian tanaman yang berfungsi sebagai bahan pembentuk buah. Bila kita berbicara tentang keindahan, wanita atau keromantisan tentu akan tercermin dari bunga karena bunga merupakan bagian tanaman yang sangat indah dan kadang kala harum baunya. Oleh karena itu maspary di Gerbang Pertanian kali akan sedikit mengulas tentang beberapa resep obat berbahan dasar bunga dalam postingan yang berjudul Bunga Sebagai Obat herbal

Beberapa bunga bisa kita pergunakan untuk mengobati penyakit seperti kencing batu, bisul, mata, dan penyakit kulit.

Penggunaan tanaman bunga sebagai obat mempunyai keunggulan karena tidak berefek samping disebabkan penggunaan bahan baku dari bahan alami, berbeda dengan obat biasa yang menggunakan bahan-bahan kimia.

Disamping untuk pengobatan, bunga juga dapat digunakan untuk perawatan tubuh. Berikut kami sajikan beberapa bunga dan cara pemanfaatanya untuk kesehatan :

Bunga WijayaKusuma

bunga-wijaya-kusuma
Bunga wijayakusuma dapat digunakan untuk menyembuhkan bisul. Dapat dilakukan dengan jalan menempelkannya pada bagian bisulan setiap akan tidur malam.

Bunga Melati

bunga melati
Bisa digunakan untuk mengobati panu yang menyerang kulit. Caranya setiap kali habis mandi gosokan bunga pada bagian kulit yang panuan, sampai bunga berwarna kehitaman. Selain itu bunga melati dapat juga digunakan untuk menyembuhkan mata perih dan merah. Caranya : haluskan sekuntum melati putih, lalu oleskan pada bagian mata perih atau gatal. Lakukan sampai rasa perih atau gatal itu hilang.

Bunga Matahari

bunga-matahari

Bunga matahari dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kencing batu. Caranya sebatang tanaman bunga matahari dipotong sebatas kira-kira setengah centi diatas akar, lalu dicuci sampai bersih. Rebus sampai mendidih, hingga airnya tinggal 1 gelas. Kemudian dinginkan lantas disaring. Minumlah selama lima hari secara kontinyu.

Bunga Kenanga

bunga-kenanga

Bunga kenanga merupakan bahan baku untuk penghilang bau badan. Caranya : dua genggam bunga kenanga dicampur 1 ons kencur. Haluskan kedua bahan tersebut, tambahkan sedikit jeruk nipis, gula dan garam secukupnya. Seluruh bahan diremas-remas dengan dua gelas air lalu disaring. Minum segelas ramuan ini setiap pagi dan sore. Sedang ampasnya dapat digunakn sebagai obat pegal linu yakni dengan jalan memborehkanya pada bagian yang pegal dan linu tadi.

Bunga kenanga juga dapat dipakai sebagai bahan lulur badan, bila dicampur dengan daun pandan dan daun kemuning. Caranya : semua bahan tersebut dijemur sampai kering, lalu tumbuk halus dicampur sedikit temugiring. Selanjutnya, campurlah dengan tepung beras. Bentuk sesuai selera. Agar tidak berjamur, jemurlah sampai kering betul. Kemudian simpan untuk digunkan sewaktu-waktu.

Masih banyak sekali jenis bunga dan manfaatnya untuk kesehatan yang belum kita ketahui. Ini merupakan tantangan bagi para peneliti dan penggemar herbal untuk mengungkapnya. Apalagi menurut maspary Indonesia merupakan gudangnya  berbagai jenis bunga. Kita akhiri dulu posting di Gerbang Pertanian kali ini yang berjudul Bunga Sebagai Obat herbal maspary berharap semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semua.

 

Sukses Petani Indonesia

 

     Mapary


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment