Sunday, November 4, 2012

MEMBUAT PEREKAT PESTISIDA ORGANIK

Salam Tani !! Sekitar satu bulan yang lalu rekan maspary dari karawang (saya lupa namanya) memberikan sebuah tips cara membuat perekat pestisida secara organik. Karena memperoleh informasi yang sangat bermanfaat bagi rekan-rekan petani tersebut maka maspary ingin membagikannya melalui blog Gerbang Pertanian ini.

Resep tersebut sangat sederhana dengan bahan yang sangat mudah diperoleh disekitar kita. Yang perlu diuji adalah berapa dosis/ konsentrasi penggunaan perekat pestisida organik tersebut yang paling tepat. Selain itu berapa lama ketahanan perekat pestisida organik  dalam penyimpanan juga perlu diteliti.

 

Alat dan Bahan Perekat Pestisida Organik :

  1. 1 buah Blender
  2. 1 buah Telor ayam/ bebek (bebek lebih bagus)
  3. Minyak goreng 1 sendok makan

 

Cara Membuat Perekat Pestisida Organik (skala 1 tangki semprot) :

  1. Masukkan 1 buah telor ayam dan satu sendok minyak goreng (kalau untuk membuat 10 tangki pake 10 telor ditambah 10 sendok minyak goreng).
  2. Blender sampai benar-benar tercampur (homogen)
  3. Campurkan dengan larutan pestisida yang ada dalam tangki semprot sampai benar-benar tercampur.
  4. Semprotkan pestisida secara merata ke semua permukaan daun.

 

membuat-perekat-pestisida-organik

 

Resep perekat pestisida organik ini bisa digunakan untuk membuat ovusida (membungkerkan telur, memandulkan telur, membunuh telur) ulat atau telur hama yang lain sehingga telur hama tersebut tidak bisa menetas dengan hanya menambahkan bahan tertentu dalam perekat pestisida organik tersebut. Oleh karena itu tunggu postingan yang akan datang, maspary di Gerbang Pertanian ini akan membagikan tips cara membuat ovusida/ cara memandulkan telur hama.

O ya, maspary belum sempat menguji resep perekat pestisida organik tersebut oleh karena itu silahkan gunakan dalam skala lebih kecil dulu sebelum digunakan untuk semua tanaman.

Maspary berharap artikel membuat perekat pestisida organik tersebut bisa bermanfaat bagi rekan-rekan gerbang pertanian semua.

 

Sukses pertanian Indonesia !!

 

      Maspary


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment