Monday, March 11, 2013

GEJALA SERANGAN ULAT DAN BELALANG APA BEDANYA

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Salam Tani !!  Beberapa hari kemarin tanaman padi maspary terkena serangan belalang dan ulat penggulung daun. Jumlahnya hampir sama banyak dan begitu merata disetiap tanaman. Mungkin karena lahan sebelah yang udah panen duluan sehingga berbagai macam hama migrasi ke sawah maspary. Tapi begitulah petani, harus selalu siap berbagi entah rela atau tidak harus selalu ikhlas.

Satu persatu daun maspary amati untuk membedakan gejala serangan hama ulat dan belalang. Dan dari pengamatan maspary ternyata gejala serangan antara belalang penggerek daun dan ulat penggerek daun itu berbeda gejalanya. Tapi bukan walang sangit loh…. atau ulat grayak yang suka memotong malai ya…..

 

Inilah gambar bekas gerekan belalang

daun-padi-digerek-belalang 

Kalau yang ini bekas gerekan ulat daun.

bekas-gerekan-ulat-daun-padi

Setelah anda melihat kedua gambar diatas, lalu pasti membandingkan. Apa bedanya ……..

yah, benar……

Kalau belalang menyerangnya dengan memakan/ menggerek daun dari pinggir (gambar pertama) sedangkan kalau ulat biasanya menggerek dari tengah daun dan kadangkala menyisakan kulit ari daun tersebut (gambar kedua). Hal ini biasanya juga terjadi pada daun tanaman yang lain sperti daun cabai.

Seperti gambar dibawah ini, beberapa ulat grayak yang menyerang daun tanaman cabai maspary

gejala-ulat-daun-cabai

Semoga sedikit informasi dari maspary di Gerbang Pertanian ini bisa bermanfaat bagi petani Indonesia.

 

Sukses Petani Indonesia

        Maspary


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment