Wednesday, December 18, 2013

CARA MEMATIKAN POHON BESAR

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Salam tani !!! Mohon maaf kalau judul artikel yang akan maspary tulis kali ini kelihatan sadis. Tapi bahasa yang lebih halus apa lagi ya ? kalau memakai kata membunuh malah lebih sadis lagi. Pokoknya tulisan ini bertemakan cara mematikan pohon-pohon besar atau pohon-pohon yang sulit terjangkau karena tumbuh diatas tembok rumah kita.

Seringkali kita mengalami kejadian adanya pohon yang menempel di dinding atau di tembok rumah kita yang posisinya terlau tinggi dan sudah berkali-kali kita pangkas akan tetapi tetap tumbuh lagi. Caranya sangat mudah dan sudah maspary praktekkan/ coba dua kali dan hasilnya sangat manjur.

  1. Yang pertama maspary gunakan untuk mematikan pohon besar yang tumbuh di trotoar jalan raya yang tidak dirawat oleh pemerintah sehingga membahayakan pengguna jalan.  Mau ditebang warga sekitar tetapi pada takut karena pohonnya sangat besar dan daunnya sangat lebat. Setelah satu minggu diberi perlakuan oleh maspary pohon yang gagah perkasa itu daunnya menguning dan rontok, setelah 15 hari pohon sudah gundul dan mengering. Akhirnya ada petugas PU yang menebang pohon tersebut.
  2. Yang kedua ada tanaman yang lumayan besar menempel ditembok  belakang bagian atas sehingga sangat sulit memangkasnya. Walaupun sulit sudah beberapa kali maspary pangkas tetapi tetap tumbuh lagi, bahkan terlihat tumbuhnya lebih subur.  Setelah maspary amati ternyata akar pohon itu sudah masuk kedalam tembok dan merusak dinding tembok tersebut. Tembok menjadi retak-retak karena kemasukan akar yang semakin membesar. Waduh payah nihh, harus segera ambil tindakan……..  batin maspary.  Setelah 1 hari diambil tindakan daun tanaman itu sudah menguning dan pucat, setelah 5 hari tanaman sudah kering dan sebagian daun sudah rontok.

cara mematikan pohon besar atau pohon yang sulit terjangkau tersebut adalah :

  1. Cari akar pohon atau tanaman tersebut yang sebesar jari kelingking
  2. Kemudian potong pada berbatasan tanah, semakin kebawah semakin bagus.
  3. Ambil herbisida berbahan aktif glifosat kalau nggak ada pake yang berbahan aktif 2.4 D juga bagus karena sama-sama sistemik. (Yang pertama maspary pake Round Up yang kedua maspary pake Lindomin).
  4. Pake konsentrasi lumayan pekat ex: 50 ml/ liter air. Maksudnya tuang 50 ml herbisida tersebut lalu campur dengan 1 liter air. Kalau terlalu banyak bisa menggunkan 12,5 ml herbisida lalu dicampur dengan 250 ml air.
  5. Masukkan larutan tersebut dalan botol air mineral atau dalam plastik.
  6. Lalu masukkkan ujung akar tanaman tadi kedalam plastik atau botol tersebut sampai mencelup larutan.
  7. Posisikan agar botol/ plastik tidak tumpah.
  8. Biarkan larutan tersbut disedot dan diminum oleh tanaman tersebut.
  9. Tinggal amati apa yang akan terjadi pada pohon tersebut.

cara-mematikan-pohon-besar (2) Gambar : cara memasang ujung akar pada larutan herbisida

 

cara-mematikan-pohon-besar Gambar : 3 hari tanaman di atas tembok setelah aplikasi herbisida (daun mulai layu dan mengering)

 

cara-mematikan-pohon-besar (3) Gambar : Daun yang rontok dan sebagian sudah mengering

Tidak sulit kan ? demikian tadi artikel yang maspary tulis dari pengalaman maspary sendiri, silahkan dipergunakan sesuai dengan kepentingannya. Tapi ingat !! jangan digunakan untuk membunuh/ mematikan pohon tetangga atau pohon orang lain yang masih dimanfaatkan hasilnya.  Jika ingin mengetahui tips-tips pertanian yang lain selalu kunjungi blog Gerbang Pertanian ini.

Semoga tulisan ini bermanfaat dunia akherat bagi maspary dan pembaca semua, amiin.

Sukses Petani Indonesia

 

         Maspary


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

3 comments:

emabdalah said...

Ini yang saya cari-carai. Sudah lama saya kewalahan menghadapi 2 pohon raksasa di samping rumah saya. Yang satu pohon nangka, satunya lagi pohon sengon. karena posisinya di antara rumah-rumah, sangat sulit menebangnya. Apalagi pohon tsb sudah tua. Jadi takut tumbang menimpa rumah.
Saya ingin ikuti tips di atas, tapi gak tahu Herbisida itua pa dan carinya di mana?

Chrisdijanto Widjaja said...

mas pary, kalau mau matikan pohon mangga tetangga gimana caranya ? cari akarnya nggak ketemu, itu pohon mengganggu amat daun-2 nya rontok menyumbat talang air rumah ane.

Babe sempat cekcok gara-2 si tetangga kagak mau nebang pohonnya. Menurut google herbisida ini kalau disemprotkan ke daun, bisa layu semua ya ?, tapi kan pohonnya kaga bisa mati, lah wong akarnnya masih idup.
ada yang nyaranin siram pakai minyak tanah, tapi cara ini kan ketahuan yang punya
Ada nggak cara lain yang nggak terlalu kelihatan ?.

muhammad zairil said...

terima kasi mas...
kasus saya persis seperti contoh anda yg pertama ( pohon di trotoar)
cuma saya tak tau di mana bisa beli bahan tadi, toko pertanian atau toko kimia ?

Post a Comment