Thursday, April 10, 2014

BISAKAH MANUVER ATASI WERENG COKLAT

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg
Salam tani !! Maspary kali ini akan sedikit menceritakan pengalaman tentang pelaksanaan spray massal (menyemprot bersama-sama dalam satu waktu dan dalam satu hamparan) di Gerbang Pertanian . Kegiatan spray massal biasanya dilakukan untuk mengendalikan hama wereng yang sudah endemik.
Bermula dari hasil spray massal untuk mengendalikan hama wereng batang coklat di daerah maspary (Kabupaten Banyumas). Kegiatan massal yang didanai oleh BanSos Propinsi ini sebagian besar menggunakan insektisida Manuver yang berbahan aktif dimehipo 400 gr/lt. Hasil pengamatan petani memang luar biasa, pengamatan yang dilakukan mereka setelah bebera jam hingga 1 - 2 hari ditunggu ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Setelah pelaksanaan spray massal ternyata wereng bukannya terkendali malah semakin merajalela.

spontan-manuver-tidak-bisa-atasi-wereng

Gambar : kemasan insektisida manuver

Tidak yakin dengan apa yang dikatakan petani para petugas segera turun ke sawah dan ikut mengamati perkembangan hama wereng coklat hasil penyemprotan tersebut. Setelah beberapa rumpun padi di buka ternyata memang benar populasi hama wereng masih banyak dan masih kondisi segar bugar. Padahal konsentrasi penyemprotan manuver yang digunakan sudah lebih dari rekomendasi yang tertulis dilabel. Penyemprotan sudah menggunakan konsentrasi 4 ml/ lt padahal rekomendasi label Cuma 1 ml/ lt. (187-375 ml/ ha, jika volume semprot 500 lt/ ha maka anjurannya tidak ada 1ml/ lt)

dosis-penggunaan-manuver

Gambar : label dosis penggunaan insektisida manuver

Apa ada yang salah ?

Salah aplikasikah ?

Salah rekomendasikah ?

Atau salah pengadaankah ?

Berikut menurut pengalaman dan pengamatan maspary dilapangan dan hasil informasi dari petugas lapang (field staff PT.biotis perusahaan distributor manuver) :
  1. Manuver atau insektisida lain dengan bahan aktif dimehipo dengan dosis atau konsentrasi anjuran tidak bisa mengatasi wereng batang coklat apalagi jika populasi wereng sudah tinggi.
  2. Manuver atau insektisida lain yang berbahan aktif dimehipo bisa mengendalikan hama wereng batang coklat jika menggunakan konsentrasi 14 ml/ lt (200 ml/ tangki 14 lt).
  3. Tehnik penyemprotan dan tingkat serangan juga mempengaruhi kemampuan efikasi manuver dan spontan.
  4. Jadi, jika anda akan mengendalikan hama wereng sebaikknya jangan menggunakan manuver karena kalau dihitung cost nya tinggi.
  5. Untuk mengendalikan hama penggerek batang insektisida yang berbahan aktif dimehipo memerlukan konsentrasi setengah dari penggunaan untuk pengendalian wereng (7 ml/ lt atau 100 ml/ tangki 14 lt)
Seharusnya dalam pengadaan barang untuk mengendalikan hama wereng batang coklat dengan cara spray massal, pemerintah harus lebih selektif dan lebih mementingkan asas manfaat daripada sekedar volume. Untuk bantuan pestisida spray massal sebenarnya bisa dipilih insektisida lain selain dimehipo seperti BBMC, MIPCN dan propoksur. Dengan dana yang setara, menurut pengalaman maspary dilapangan bahan-bahan aktif tersebut lebih efektif dalam mengendalikan hama wereng batang coklat. Kalau ingin yang lebih mantap ya pake plenum atau oshin, tapi harganya juga mantab tentunya.
Semoga tulisan dari maspary ini bisa bermanfaat bagi pembaca dan diri maspary.
 


Sukses Petani Indonesia
      Maspary
Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

2 comments:

Bambang Widjajanto said...

Redaksi yth,

Memperhatikan berita tersebut di atas, baik isi berita maupun gambar-gambar terkait yang disertakan, sepertinya TIDAK ADA KAITANNYA SAMA SEKALI dengan produk kami SPONTAN 400 SL. Oleh karena itu, saya mohon bantuannya agar berita tersebut dapat diluruskan dengan menghilangkan kata-kata SPONTAN, baik di judul maupun isi beritanya mengingat hal ini dapat menimbulkan citra negatif atas produk kami SPONTAN 400 SL.

Perlu saya sampaikan bahwa:

1. SPONTAN 400 SL adalah merek dagang produk PT Agricon, bukan nama umum insektisida berbahan aktif Dimehipo. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa SPONTAN itu bukan MANUVER dan MANUVER itu bukan SPONTAN

2. Sebagai PEMIMPIN PASAR, maka dapat dimengerti jika produk kami banyak diikuti oleh produsen lain. Namun perlu saya tegaskan bahwa meski berbahan aktif sama, kualitas sebuah produk itu TIDAK HANYA ditentukan oleh kandungan bahan aktifnya saja. Sebuah produk yang dipasarkan itu sudah dalam bentuk formulasi (campuran), sehingga keseluruhan campuran lah yang akan menentukan kualitas produk tersebut. Dalam hal ini, formulasi masing-masing produk pasti akan berbeda karena formula yang dipakai menjadi rahasia perusahaan.

3. SPONTAN 400 SL sendiri, pada dasarnya ditargetkan untuk pengendalian hama PENGGEREK BATNG PADI. Untuk mengendalikan wereng, apalagi yang endemik, ada produk yang lebih sesuai yaitu ABUKI 50 SL dan/atau APPLAUD 440 WSC.

Demikian saya sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

Gerbang Pertanian said...

Trimakasih pak sudah kami edit,

Post a Comment