Sunday, April 20, 2014

BISAKAH PENYEMPROTAN PESTISIDA MERONTOKKAN TOMAT

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Salam Tani !! Ada beberapa petani yang berpendapat kalau tanaman saat berbunga tidak boleh disemprot dengan pestisida maupun pupuk cair karena bisa menyebakan kerontokan bunga dan buah. Hal tersebut merupakan pendapat yang masuk akal dan bisa saja terjadi..

Sehingga ada pertanyaan yang masuk ke meja redaksi Gerbang Pertanian tentang hal tersebut

Pertanyaan :

Pada tomat yang sudah besar apakah disemprot pertisida atau pupuk daun bisa menyebabkan kerontokan buah dan daun ?

Jawaban :

Kalau secara reaksi biokimia sebenarnya tidak memungkinkan kerontokan buah dan daun disebabkan oleh penyemprotan pestisida maupun pupuk daun. asalkan penggunaan pestisida maupun pupuk daunnya sesuai dengan rekomendasi pemakaian.

 

PENYEBAB-KERONTOKAN-DAUN-BUNGA-DAN-BUAH-TOMAT

Gambar : daun, bunga dan buah tomat yang sehat

 

Yang bisa menyebabkan kerontokan daun, bunga dan buah tanaman tomat maupun yang lain adalah jika konsentrasi yang digunakan melebihi anjuran.  Selain itu kerusakan juga bisa disebabkan secara mekanik karena cara penyemprotan yang sembarangan sehingga ujung sprayer menyenggol calon bunga maupun calon buah. Bisa juga terjadi kerontokan jika penyemprotannya menggunakan mist blower (sprayer bertekanan tinggi) sehingga hempasan cairan pestisida terlalu keras sehingga merontokkan bunga dan buah muda (pentil).

Tolong dibantu kasih jawaban yang lebih mendetail jika rekan-rekan Gerbang Pertanian punya pengalaman yang lain. Tentunya dikolom komentar dibawah ini. Semoga pertanyaan dan jawaban diatas tentang kerontokkan bunga, buah dan daun tomat bisa bermanfaat bagi kita semua.

Sukses Petani Indonesia  !!!

       Maspary


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment