Saturday, April 19, 2014

MENGATASI TRIPS DAUN CABE DENGAN DEMOLISH

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Salam tani !! Pada kondisi sekarang ini hama trips bisa menyerang tiap waktu, tidak perduli musim hujan maupun musim kemarau. Tidak seperti jaman dulu hama trips biasanya hanya menyerang pada musim kemarau saja.  Mungkin alam sudah rusak, keseimbangannya sudah terganggu.

Lalu bagaimana mengatasi hama trips ?

Ini ada kaitanya dengan SMS yang masuk ke HP maspary kemarin.

Pertanyaan :

Daun cabe yang kena trips bisakah di atasi dengan demolish ?

Jawab:

Seharusnya bisa selama dengan cara aplikasi yang tepat waktu, tepat dosis dan tepat cara. Demolish seperti insektisida berbahan aktif abamektin 18 EC yang lain mempunyai dosis aplikasi 0,5 – 1 ml/ lt air. Penggunaan dibawah itu tidak direkomendasikan. Jadi kalau tangki semprotnya 14 lt pemakainya cukup 7-14 ml. Lebih baik disemprotkan sore hari menjelang matahari terbenam. Penyemprotan difokuskan pada prmukaan daun bagian bawah ujung-ujung tanaman.

Terkecuali jika memang sudah terjadi resistensi atau kekebalan hama terhadap bahan aktif abamektin ini, seperti yang sudah dilaporkan beberapa rekan-rekan Gerbang Pertanian. Tentu saja demolish sudah tidak akan mampu lagi mengatasi hama trips.

insektisida-Demolish-18-EC-atasi-trips

Saat ini penggunaan  insektisida berbahan aktif abamektin untuk mengendalikan hama trips  sudah tidak asing lagi. Contoh insektisida berbahan aktif abamektin antara lain demolish dan agrimex. Kelebihan bahan aktif abamektin adalah selain mampu mengendalikan kriting daun cabe karena trips ternyata juga bisa mengatasi kriting daun cabe karena tungau.

Tolong rekan-rekan Gerbang Pertanian  yang memiliki info ataupun pengalaman  lain silahkan dibantu menambahkan jawabannya di kolom komentar.

Sukses Petani Indonesia !!


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment