Wednesday, April 23, 2014

WAKTU PALING TEPAT APLIKASI PESTISIDA DAN PUPUK DAUN

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Salam Tani !! Penentuan waktu penyemprotan pestisida maupun pupuk daun sangat mempengaruhi efektifitas atau kemampuan pupuk daun atau pestisida tersebut. Hal ini sesuai dengan pengalaman dan pengamatan maspary di lapangan. Pemberian dosis dan konsentrasi yang sama akan tetapi berbeda waktu aplikasi atau waktu semprot (antara pagi dan sore) ternyata sangat beda hasilnya yang terlihat ditanaman. 

Hal ini berhubungan dengan pertanyaan rekan Gerbang Pertanian yang di sampaikan melalui SMS ke HP maspary.

Pertanyaan :

Kenapa dalam penyemprotan pestisida atau pupuk hayati/ pupuk daun lebih baik sore/ malam hari dari pada pagi hari?

Jawab :

Ini hanya berdasarkan pengalaman dan pengamatan maspary saja. Maspary pernah mencoba menyemprotkan GA3 pada tanaman yang sama (tanaman srikaya) hanya berbeda waktu saja yaitu sore hari dan pagi hari. Ternyata hasilnya sangat berbeda nyata, tanaman yang maspary semprot sore hari sangat terlihat jelas penambahan lebar daunnya sedangkan yang maspary semprot pagi hari kurang terlihat penambahan lebar daunnya.

waktu-paling-tepat-penyemprotan-pestisida-dan-pupuk-daun

Penjelasannya seperti ini. Ketika pestisida maupun pupuk daun dan pupuk hayati kita semprotkan pada daun saat pagi hari, tanaman akan mendapatkan sinar matahari secara langsung. Hal ini akan mengakibatkan pestisida maupun pupuk hayati dan pupuk daun akan menguap dan terjadi penguraian sebelum sempat terserap habis oleh daun tanaman. Berbeda jika kita aplikasi pestisida, pupuk daun dan pupuk hayati saat sore hari tanaman punya kesempatan yang lebih lama untuk menyerap larutan tersebut.

Yang perlu di ingat. Jangan menyemprotkan larutan pestisida, pupuk daun dan pupuk hayati sore hari saat cuaca mendung atau bahkan ketika gerimis atau hujan, ditakutkan nanti akan terjadi pencucian pestisida dan pupuk daun oleh air hujan.

Jika rekan-rekan Gerbang Pertanian punya pengalaman lain tolong dibagikan pada pembaca blog ini melalui kolom komentar. Trimakasih.

Sukses Petani Indonesia !!

Maspary


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment