Saturday, May 10, 2014

BISAKAN EM4 PERTANIAN UNTUK PETERNAKAN

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Salam Tanii !! Teknologi selalu berkembang, demikian juga tentang mikroorganisme. Dulu EM4 hanya satu jenis yaitu yang berwarna kuning dan bisa digunakan untuk semua tanaman, peternakan dan perikanan. Namun kini sudah terjadi spesialisasi penggunaan EM4, ada yang khusus untuk tanaman, khusus untuk peternakan dan ada yang khusus untuk perikanan.

Hal ini terkait dengan pertanyaan Bapak Sukur dari Pati.

Pertanyaan :

Saya mencari EM4 peternakan tetapi disini tidak ada, yang ada EM4 pertanian.  Bisakah EM4 pertanian dipake pada peternakan seperti fermentasi pakan, campuran air minum dll ?

Jawab :

Menurut maspary, seharusnya mikroorganisme (bakteri) yang digunakan pada pertanian dan peternakan itu berbeda. Seperti yang kita ketahui bahwa kehidupan pada perakaran tanaman dan pada usus ternak sangat berbeda. Mikroorganisme yang hidup pada perakaran biasanya terdiri dari Pseudomonas, Azotobacter, Azospirilium, Trichoderma, Aspergillus dll. Sedangkan mikroorganisme yang bisa membantu pencernaan ternak biasanya lactobacillus.

Oleh karena itu seharusnya penggunaan EM4 pertanian tidak bisa untuk peternakan atau sebaliknya EM4 peternakan juga tidak bisa untuk pertanian. Tidak bisa disini bukan berarti tidak boleh, hanya saja secara manfaat akan kurang maksimal.

BEDA-EM4-PERTANIAN-DAN-EM4-PETERNAKAN-DAN-EM4-PERIKANAN

Semoga ulasan pertanyaan tentang penggunaan EM4 pertanian untuk Peternakan bisa bermanfaat bagi kita semua. Untuk melengkapi jawaban silahkan rekan-rekan yang lebih memahami/ lebih berpengalaman tentang EM4 untuk bisa menambahkan jawaban pada kotak komentar.

Untuk mendapatkan informasi yang lain tentang pertanian silahkan kunjungi selalu Gerbang Pertanian karena maspary berusaha selalu meng update artikel-artikel yang kami dapatkan dilapangan.


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment