Tuesday, May 6, 2014

CARA MUDAH MEMBUNGAKAN KELENGKENG MANDUL

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Salam Tani !!  Jaman dulu kala ketika maspary masih kecil didaerah maspary masih kental dengan berbagai macam mitos. Termasuk mitos tentang tanaman kelengkeng, masyarakat menganggap bahwa kelengkeng itu tidak bisa ditanam didataran rendah. Tanaman kelengkeng hanya bisa ditanam di daerah dataran tinggi dengan kondisi suhu udara yang relatif sejuk.

Jika tanaman kelengkeng ditanam didataran rendang biasanya tanaman bisa tumbuh subur dan menjulang tinggi, tapi sayang biasanya tidak mau berbunga. Jadi kita hanya bisa menikmati rindangnya pohon kelengkeng saja sebagai peneduh dari terik matahari.

Sejalan dengan perkembangan jaman kini buah kelengkeng tidak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat dataran tinggi, masyarakat dataran rendahpun kini bisa menikmati manisnya kelengkeng. Jenis-jenis klengkeng seperti diamond, itoh, pingpong, kristalin, beekyu, puangray dan aroma durian merupakan jenis kelengkeng dataran rendah. Bahkan jenis kelengkeng-kelengkeng tersebut bisa kita tanam dalam pot untuk dijadikan hiasan halaman rumah sebagai tabulapot.

Adakalanya setelah kita menanam kelengkeng lebih dari tiga tahun baik itu dalam pot atau langsung ke tanah tetapi belum juga mau berbunga. Orang-orang menyebut tanaman kelengkeng tersebut dengan istilah klengkeng mandul karena tidak mau berbunga walaupun secara umur sudah waktunya berbunga.

Jika kita sudah menanam kelengkeng kesayangan kita selama tiga tahun atau lebih akan tetapi belum juga mau berbunga padahal pertumbuhan vegetatifnya sangat bagus (pertumbuhan daun, cabang dan ranting sangat lebat) sebenarnya bisa kita rangsang pembungaannya dengan menggunakan nf.kelengkeng.

bunga-klengkeng-oleh-nf.klengkengMaspary sudah mencoba nf.kelengkeng ke beberapa petani dengan beberapa jenis kelengkeng baik itu itoh, pingpong, diamond dan bahkan kelengkeng tukulan (kelengkeng yang ditanam dari biji bukan hasil sambungan atau cangkok). Biasanya 45-55 hari setelah aplikasi nf.kelengkeng tanaman klengkeng kita akan muncul bunga setelah didahului tumbuh tunas baru. Oleh karena itu hf.kelengkeng tersebut bisa kita gunakan untuk membungakan kelengkeng diluar musim. Gambar diatas adalah salah satu tanaman kelengkeng yang berhasil dibungakan oleh nf.kelengkeng (bunga kelengkeng yang muncul setelah 55 hari aplikasi nf.kelengkeng)

Beberapa orang yang sukses membungakan kelengkeng mandul mereka dengan menggunakan nf.kelengkeng:

  1. Bpk. Indra Mulya Kusumah (PPL) dari Kalibagor Banyumas. Dua buah pohon kelengkeng (satu varietas itoh dan satunya lagi beliau tanam dari biji) yang sudah berumur lebih dari lima tahun akhirnya mau berbunga setelah menggunakan nf.kelengkeng.
  2. Bpk. Muhtadi (Pegawai kehutanan) dari Bumiayu Brebes. Beberapa tanaman kelengkeng jenis diamond dan lokal juga bisa berbunga setelah diaplikasi nf.kelengkeng.
  3. Bpk. Sunang (Hobiis Tabulapot) dari Berkoh Purwokerto berhasil membungakan 3 batang tanaman kelengkeng yang beliau tanam di dalam pot (sistem tabulapot). Hingga sekarang beliu masih menggunakan nf.kelengkeng sebagai andalan untuk membungakan.

salah-satu-hobiis-tabulapot-klengkeng

Gambar : Pak Sunang hobiis tabulapot kelengkeng

Sebelum kita aplikasi nf.kelengkeng pada tanaman kelengkeng kita, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar bisa berhasil berbunga dengan baik :

  1. Tanaman klengkeng sebaiknya telah berumur lebih dari 3 tahun supaya kelengkeng tersebut memiliki kesiapan fisik. Kecuali pada kelengkeng tabulapot bisa di pakai pada umur 2 tahun.
  2. Tanaman kelengkeng harus sehat dengan pertumbuhan tanaman yang bagus/ subur. Jika tanaman belum tumbuh subur sebaiknya disuburkan dulu dengan pemberian pupuk NPK.
  3. Perhatikan ujung-ujung tanaman kelengkeng. Jika pada ujung-ujung tanaman masih membentuk tunas-tunas baru sebaiknya jangan aplikasi nf.kelengkeng dulu, jadi nf.kelengkeng sebaiknya diaplikasi saat tanaman tidak membentuk tunas muda.

tanaman-klengkeng-tabulapot-siap-dibungakan

Gambar : Tabulapot kelengkeng yang siap dibungakan

 

Cara Aplikasi nf.kelengkeng :

  1. Campurkan 1 botol nf.kelengkeng dengan air sekitar 10 liter dan aduk hingga rata (untuk 2 tanaman kelengkeng)
  2. Bagi dua larutan tersebut masing-masing sekitar 5 liter. Kocorkan/ siramkan pada pangkal batang tanaman kelengkeng kita dan tanah sekitar diameter 1 meter (1 tanaman 5 liter larutan)
  3. Jika untuk tabulapot 1 botol bisa digunakan untuk 4 - 6 tanaman.
  4. Nf.Kelengkeng juga bisa diaplikasi secara injeksi/ suntik, dengan dosis 100-200 ml/ tanaman. Tapi khusus untuk tanaman kelengkeng yang sudah berumur puluhan tahun tapi belum mau berbunga.

 

cara-mudah-membungakan-klengkeng-mandul 

Gambar : nf.kelengkeng kemasan 500 ml

JIKA REKAN-REKAN MINAT DENGAN NF.KELENGKENG BISA SMS MASPARY DI 0812 2630 297.

Harga Rp 100.000/ blt 500 ml

 

Demikian tips dari maspary bagaimana cara mudah membungakan tanaman kelengkeng yang mandul, mudah-mudahan bisa menjadi informasi yang menarik bagi rekan-rekan semua.


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

4 comments:

Anonymous said...

Hello there! This is my 1st comment here so I just wanted to give a quick shout
out and tell you I genuinely enjoy reading through your articles.
Can you suggest any other blogs/websites/forums that deal with
the same topics? Thank you!

Also visit my site Monsac Luggage Review, http://adult.nextmagazine.com,

Anonymous said...

I got this site from my pal who shared with me about this site
and now this time I am browsing this web page and reading very informative articles at this time.


Also visit my web site ... tripp luggage review

Anonymous said...

Pretty portion of content. I simply stumbled upon your website and in accession capital
to claim that I acquire in fact loved account your weblog posts.
Any way I will be subscribing for your feeds and even I achievement you get admission to constantly fast.


Feel free to visit my blog ... Prescot Travel ()

Anonymous said...

Pretty! Thiis haas been a really wonderful article.
Thanks for supplying this information.

Here is my blog ... LP Suppot Tape Murah Di Bandung Online

Post a Comment