Monday, May 19, 2014

DOSIS PUPUK UNTUK KOCOR CABE

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg
Salam Tani !! Sebenarnya tidak ada standar baku untuk dosis kocor untuk tanaman cabe. Karena dosis pupuk untuk tanaman cabe sebenarnya tergantung dari kondisi tanah (jenis tanah, kandungan bahan organik, kandungan NPK tanah) dan bagaimana penggunaan pupuk dasar.
Beberapa waktu lalu ada rekan Gerbang Pertanian yang SMS ke HP maspary menanyakan tentang berapa dosis yang tepat untuk kocoran NPK mutiara 16:16:16 untuk tanaman cabe.


Pertanyaan :
Berapa dosis yang paling tepat pupuk NPK 16:16:16 untuk kocoran cabe  maspary ?


Jawab :
Jawaban ini hanyalah dari hasil pengalaman maspary semata bukan hasil uji laboratorium atau hasil penelitian. Dosis ini adalah dosis minimal yang maspary lakukan pada beberapa tanaman cabe maspary baik tanaman cabe besar dan cabe rawit. Untuk meyakinkan bahwa pupuk yang terserap oleh tanaman cabe hanya berasal dari pemupukan tersebut maka uji coba ini maspary lakukan pada polybag ukuran diameter 20 cm (ukuran yang relatif kecil untuk tanam cabe dalam polybag)

Untuk mensuplay kebutuhan tanaman cabe maspary gunakan dosis 1 gr/ minggu NPK mutiara 16:16:16. Pemberian pupuk tersebut maspary berikan dengan cara dikocorkan seminggu sekali. caranya sangat mudah, kita tinggal menimbang pupuk sesuai dengan jumlah tanaman kita. kebetulan uji coba maspary hanyalah 10 batang cabe besar dan kecil, maka setiap satu minggu satu kali maspary menimbang pupuk NPK Mutiara 16:16:16 sebanyak 10 gram. Lalu maspary larutkan pupuk tersebut dengan 10 gelas aqua. Aduk-aduk hingga benar-benar larut. Setelah larut kocorkan atau siramkan setiap satu gelas aqua pada satu tanaman.

Pengocoran tersebut maspary lakukan sudah sekitar 6 bu7lan yang lalu, dan hasilnya sangat bagus. Tanaman cabe maspary belum menunjukkan tanda-tanda kekurangan nutrisi atau unsur hara. Tanaman cabe baik yang besar maupun yang kecil masih bisa tumbuh sehat dan berbuah lebat. Bahkan ujung-ujung tanaman juga masih banyak tumbuh kuncup bunga.

tanaman-cabe-rawit-tumbuh-lebat-dengan-kocoran-yang-tepat

Gambar : tanaman cabe maspary yang tumbuh subur dan berbuah lebat pada uji coba pengocoran

Sebenarnya pengocoran tersebut tidak harus dilakukan setiap minggu, jika dirasa repot boleh juga dilakukan dua minggu sekali. Hanya saja konsentrasinya tentunya dibuat dua kali lipat menjadi 2 gram/ gelas aqua air/ tanaman/ 2 minggu.

Semoga artikel tentang dosis yang tepat penggunaan NPK mutiara 16:16:16 untuk mengocor cabe tersebut bisa bermanfaat bagi rekan-rekan Gerbang Pertanian semua.


Sukses Petani Indonesia


       maspary


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

2 comments:

Unknown said...

mohon ijin untuk berbagi

Gerbang Pertanian said...

Silahkan aja mas, kalau nggak keberatan tolong dikasih link ke blog Gerbang Pertanian ini.

Post a Comment