Friday, June 6, 2014

PERBEDAAN ABAMECTIN HITAM DAN BENING

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Salam Tani !! Jika anda sebagai petani cabai tentu sudah tidak asing lagi dengan apa itu bahan aktif abamectin. Bahan aktif yang sudah menjadi andalan petani cabe, sebagai pengendali hama pada tanaman jenis kutu-kutuan (hama yang menyebabkan keriting daun cabe) ini sangat ampuh mengendalikan hama trips dan tungau. Sehingga semua hama penyebab keriting daun bisa diatasi oleh abamectin ini.  Artikel Gerbang Pertanian kali ini akan mengulas tentang insektisida berbahan aktif abamectin secara lebih detail (Perbedaan abamectin hitam dan abamectin bening).

Akhir-akhir ini banyak keluhan petani dilapangan yang mengatakan abamectin sekarang sudah tidak ampuh lagi. Hama trips dan tungau sekarang sudah kebal terhadap bahan aktif abamectin. Ada juga yang mengatakan kalau hama trips dan tungau sekarang sudah bandel tidak bisa lagi diatasi dengan abamectin.

Kalau melihat kasus seperti ini maspary hanya bisa menyarankan coba dilihat bagaimana cara aplikasinya dan jenis insektisida berbahan aktif abamectin jenis hitam atau bening.

Cara plikasi insektisida berbahan aktif abamectin yang benar adalah :

  1. Konsentrasi yang digunakan pada penggunaan jenis abamectin biasanya sekitar 0,5 - 1 ml / mlt air.
  2. Air yang digunakan harus bersih tidak boleh kotor.
  3. Lakukan pengadukan diluar tangki sprayer
  4. Kalau ingin hasil yang lebih baik silahkan ditambah pupuk daun dan pelekat
  5. Waktu penyemprotan sebaiknya dilakukan pada sore hari.
  6. Lakukan penyemprotan secara merata

Jenis insektisida berbahan aktif abamectin dipasaran biasanya ada dua macam yaitu abamectin hitam dan abamectin bening. Abamektin hitam biasanya cairannya berwarna hitam kecoklatan. Menurut informasi yang maspary peroleh dilapangan kalau abamectin hitam biasanya sudah tidak murni lagi (sudah tidak 18 EC lagi) karena sudah ditambah beberapa bahan pencampur seperti zat pengatur tumbuh atau bahan lainnya. Sehingga aplikasi dilapangan kurang mampu untuk mengendalikan hama trips dan tungau. Jikapun mampu maka perlu konsentrasi yang lebih tinggi untuk mengendalikan kedua hama tersebut. Misalnya 2 ml/ lt. Harga abamectin hitam biasanya lebih murah daripada abamectin yang bening.

abamectin-hitam

Gambar : cairan abamectin hitam

 

Abamectin yang bening memiliki cairan berwarna kuning bening. Abamectin berwarna bening masih ampuh untuk mengendalikan hama-hama penyebab keriting daun (trips dan tungau) bahkan mampu juga untuk mengendalikan hama ulat dan lalat penggorok daun Liriomyza sp. Ini maspary tulis karena maspary sendiri masih membuktikan keampuhan abamectin bening ini. (mohon maaf maspary belum pernah mencoba abamectin yang berwarna hitam, jadi informasinya baru sebatas dari rekan-rekan petani).

abamectin-bening

Gambar : Cairan abamectin bening

 

Beberapa contoh insektisida yang berbahan aktif abamectin hitam adalah:

  1. Cronus 18 EC
  2. Bamex 18 EC
  3. Alfamex 18 EC
  4. Demolish 18 EC

Beberapa insektisida berbahan aktif abamectin bening adalah :

  1. Numectin 20 EC
  2. Agrimex 18 EC
  3. Mitigate 18 EC

 

Untuk info lebih lengkap tentang abamectin bening silahkan


KLIK DISINI

 

Jika sudah mengetahui tentang dua jenis abamectin ini mudah mudahan rekan-rekan Gerbang Pertanian  lebih selektif dan lebih bijaksana untuk menentukan pembelian dan penggunaan abamectin. Mudah-mudahan para petani tidak sekedar tergoda dengan insektisida berbahan aktif abamectin yang harganya murah. Mudah-mudahan informasi tentang perbedaan Insektisida berbahan aktif abamectin hitam dan abamectin bening ini bisa memberikan manfaat untuk pembaca semua dan diri maspary.

Amiiiiiin ya Robbal ‘alamin

 

Sukses Petani Indonesia !

        Maspary


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment