Sunday, February 5, 2017

MEMBUAT PERANGKAP HAMA TANAMAN PADI

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg
Salam Tani....!!

Semoga para petani Indonesia selalu diberi kesehatan dan keselamatan oleh Alloh SWT. Semoga para petani Indonesia selalu diberi semangat dan tidak mengenal patah arang agar bisa selalu mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Aamiiinn.....

Kali ini maspary akan mnulis artikel cara membuat perangkap hama untuk tanaman padi. Ini rupakan tindakan preventif atau pencegahan sebelum hama menyerang tanaman kita. Tindakan preventif termasuk juga tehnik pengendalian hama dan ini merupakan pengendalian yang utama karena selain hemat biaya dan tenaga juga mencegah terjadinya kerusakan tanaman.

Seperti kita ketahui bahwa hama tanaman padi sangatlah komplek atau bervariasi, mulai dari wereng, penggrek batang (sundep, beluk), hama pelipat daun, putih palsu, ganjur, ulat grayak dan lain sebagainya. Hama-hama tersebut memiliki cara hidup yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Dan sebaiknya kita mempelajari cara hidup berbagai hama tersebut, agar kita bisa mengendalikan hama-hama tanaman padi tersebut.

Alat perangkap yang akan kita buat ini adalah alat untuk menjebak imago atau vase dewasa (kupu-kupu) dari serangga hama tanaman padi. Pada dasarnya serangga dewasa akan tertarik dengan bau yang anyir dan menyengat. Mereka akan mencari sumber bau tersebut. Itulah konsep dasar cara kerja perangkap hama tanaman padi.

Alat dan Bahan :
  1. 2 buah botol air mineral yang kemasan 1,5 liter
  2. Gunting atau pisau
  3. Ajir dari bambu atau kayu
  4. Keong atau kepiting sawah
  5. Tali rafia
Cara membuat :
  1. Potong pangkal botol air mineral tersebut
  2. Potong juga ujung botol tapi jangan terlalu keatas, sehingga diperoleh dua buah tabung dari botol air mineral tersebut
  3. Sambungkan kedua tabung botol air mineral tersebut, dengan cara memasukkan salah satu tabung ke tabung yang lain.
  4. Masukkan keong atau kepiting sawah yang sudah dicincang atau diremuk ke dalam alat perangkap tersebut.
  5. Masukkan kembali potongan ujung botol dengan posisi terbalik
  6. Ikat alat perangkap hama tanaman padi tersebut pada sebuah ajir
  7. Tancapkan ajir di petakan sawah. Tinggi ajir sebaiknya sekitar 150 cm dan ditancapkan sedalam 30 cm
  8. Dalam satu petakan sawah pasang lebih dari satu alat perangkap... pasang sekeliling petakan tersebut dengan jarak sekitar 5 m satu alat. Sehingga saat ada imago hama padi yang mendekat mau meletakkan telor akan tertarik mendekati perangkap tersebut dan masuk kedalamnya.


Begitulah cara membuat alat perangkap hama tanaman padi. Mudah dan praktis serta murah karena hanya menggunakan bahan-bahan limbah.  Rangkaian alat tersebut tidaklah baku, boleh dimodifikasi sesuai dengan ketersediaan bahan dan kreatifitas para petani. Semoga artikel cara membuat perangkap hama tanaman padi tersebut bisa bermanfaat dunia akherat untuk para pembaca dan penulis gerbang pertanian. Jangan lupa jika sudah membuat alat tersebut dan bermanfaat bagi anda, beritahu teman rekan-rekan petani yang lain cara membuatnya.



Sukses Petani Indonesia  !!!
Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment