Monday, March 20, 2017

TREN BUAH TAHUN 2017-2018

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg
Salam Tani !! Untuk menjadi petani buah yang tangguh, tidak boleh hanya latah atau ikut-ikutan saja. Petani tidak boleh hanya mengikuti tren pasar saja. Ketika pepaya mahal ikut tanam pepaya. Ketika jambu mahal ikut budidaya jambu. Dan apa yang terjadi selanjutnya.... ketika tren buah yang kita ikuti dah menjelang berakhir maka saat buah yang kita tanam panen.... harga sudah terjun bebas.

Agar menjadi petani buah yang sukses maka kita harus selalu memperhatikan pasar. Atau harus pintar membaca kebutuhan konsumen. Kita lihat buah apa yang ada dipasaran harganya masih mahal dan ketersediaan masih minim. Buah tersebut yang perlu kita tanam. 

Menurut pengamatan penulis untuk tahun 2017-208 masih ada beberapa buah yang harganya akan tetap tinggi dipasaran diantaranya adalah buah jeruk, durian, jambu air, mangga, jambu kristal, klengkeng. Sedangkan buah yang saat ini belum ngetren dan baru akan ngetren ditahun 2017-2018 adalah jeruk lemon kalifornia. Saat ini kebutuhan jeruk lemon masih tinggi dan belum banyak petani yang menanamnya... makanya harganya selangit (Rp.40.000/ kg) ditingkat konsumen.  Penyedia bibitnyapun juga masih minim maka harga bibitnya juga masih tinggi... masih bisa mencapai Rp.20.000. 

Sedangkan untuk jambu kristal, karena bibit sangat luar biasa banyak dan petani juga banyak yang menanam makanya harganya bisa terjun bebas. Oleh karena itu harap hati-hati bagi petani yang mau tanam jambu kristal, karena ada kemungkinan harga akan turun. Saat ini harga jambu kristal ditingkat petani sekitar Rp.10.000. Oleh karena itu kalau mau menanam jambu kristal kalau bisa jangan terlalu banyak. 



Melihat tren harga berbagai tanaman buah tersebut, maka sebaiknya untuk saat ini tanamlah jeruk lemon kalifornia. Jika saat ini anda tanam jeruk lemon, maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan harga yang masih tinggi. Tapi perlu diwaspadai juga janganlah tanam buah ini terlalu banyak karena tren jeruk lemon juga nggak akan lama.

Yang jelas kalau mau aman silahkan tanam buah durian dan klengkeng. Kedua buah tersebut masih selalu terjaga harganya. Tentunya patokan harga tersebut adalah di pulau jawa, untuk wilayah diluar pulau jawa kita tidak punya referensi.

Demikian info singkat tentang tren buah ditahun 2017-2018, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan inspirasi para petani buah.



Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment