Sunday, August 20, 2017

RAHASIA KEBERHASILAN SPRAY MASSAL WERENG

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg
Salam Tani......
Hama wereng coklat adalah jenis hama yang menjadi momok bagi petani padi. Serangannya benar-benar bisa membuat petani merugi bahkan gagal panen atau puso. Petani sangat kualahan dalam pengendaliannya. Walaupun petani harus menyemprot hama tersebut setiap minggu sekali tetapi belum juga bisa memberikan jaminan kepastian hasil.

Jika serangan hama wereng sudah nenyeluruh dalam suatu hamparan, mau tidak mau petani harus melakukan penyemprotan bersama-sama dalam satu hamparan tersebut. Penyemprotan bersama-sama tersebut dinamakan spray massal. Ada rahasia cara spray massal agar mendapatkan keberhasilan pengendalian. Tidak ada jaminan spray massal akan mendapatkan hasil yang memuaskan jika tehnik yang digunakan sembarangan atau asal-asalan. Banyak bukti yang telah dialami oleh petani padi, walaupun sudah dilakukan gerakan pengendalian hama wereng dengan cara spray massal namun hasilnya belum memuaskan.

Dasar dari rahasia keberhasilan spray massal tersebut adalah kita harus memahami cara hidup wereng coklat. Dengan memahami cara menyerang hama wereng tentu kita bisa mengendalikannya. (kaya mau perang aja ya ? ).

Inilah rahasia keberhasilan spray massal hama wereng :
  1. Harus dilakukan bersama-sama jangan sendiri-sendiri
  2. Pilih pestisida yang tepat sasaran
  3. Dosis dan konsentrasi harus tepat.
  4. Pengoplosan pestisida sebaiknya dilakukan didalam drum dan diaduk rata, bukan di tangki sprayer masing-masing petani.
  5. Pastikan semua tangki sprayer dalam keadaan normal/ baik
  6. Pastikan hasil semprotan (posisi nozel) dalam posisi mengabut
  7. Lakukan dari saru arah, boleh dari timur, barat, utara atau selatan
  8. Usahakan para penyemprot berbaris dengan jarak sekitar 2 meter
  9. Lakukan penyemprotan bersama-sama dalam satu arah
  10. Penyemprotan diarahkan pada batang dan pangkal batang padi, jangan dipermukaan. (Semprot dari bawah jangan dari atas).
  11. Penyemprotan dilakukan maksimal sampai jam 10. Boleh diteruskan sore setelah jam 4.
  12. Jika hari itu belum selesai harus diteruskan besoknya lagi. Demikian seterusnya sampai selesai satu hamparan
  13. Jika dilakukan pengamatan setelah 3 hari aplikasi dan masih ditemukan populasi hama wereng coklat  diatas batas kendali, maka boleh dilakukan spray massal sekali lagi.

 Inilah gambar tehnik berbaris spray massal 

Tehnik pengoplosan larutan pestisida dalam drum

Kenapa sangat penting dilakukan pengendalian hama wereng dengan tehnik spray massal ?? Karena hama tersebut sangat mudah berpindah dari satu petak sawah ke petak sawah  yang lain. Oleh karena itu diperlukan pengendalian secara bersama, menyeluruh dan tuntas.

Demikian tips rahasia keberhasilan spray massal hama wereng, smoga bisa bermanfaat bagi kita semua didunia dan akherat. Dan semoga bisa berguna bagi rekan-rekan petani padi yang sedang mengalami musibah serangan hama wereng.

         Sukses  Petani Indonesia !!



                 Maspary


Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment