Sunday, October 8, 2017

PERSIAPAN TANAM PADI

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg
Salam Tani !! Kesuksesan bertanam padi bukan hanya terletak pada cara pemupukan dan cara pengendalian hama saja tetapi juga ditentukan oleh bagaimana kita mempersiapkan lahan untuk tanaman kita.  Bahkan bukan hanya itu saja tetapi ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan agar dalam berbudiaya padi lebih sistematis dan lebih terarah. Mungkin ini berbeda dengan kebiasaan para petani pada umumnya yang menanam padi tanpa persiapan.
 

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mendukung keberhasilan kita dalam bertanam padi :
  1. Sebuah buku catatan budidaya. Tidak perlu buku yang bagus atau terlalu tebal, cukup buku tipis saja sebagai catatan perjalanan budidaya kita. Apa yang kita lakukan dalam kaitannya dengan budidaya tersebut semua harus kita catat dalam buku tersebut. Semua pengeluaran harus kita catat jadi kita tahu total biaya produksinya. Jangan lupa menulis tanggal, bulan dan tahun setiap kegiatan yang kita lakukan, baik olah lahan, saat semai, mulai tanam, aplikasi pestisida saat panen dll. Keadaan cuaca (angin, terik matahari, curah hujan dll) juga perlu dicatet, serangan hama penyakit baik jenis OPT, umur serangan dan tingkat serangan juga harus dicatat. Produksi dan produktivitas dan harga jual juga jangan lupa kita catat. Pokoknya semuanya kita catat. Buku ini nantinya akan kita gunakan sebagai pengingat saat kita budidaya padi musim selanjutnya.
  2. Biaya sebaiknya kita persiapkan dari awal agar dalam bertani lebih tenang dan saat dibutuhkan segera ada. Terutama biaya untuk pengendalian hama dan biaya untuk pembelian pupuk. 
  3. Memplening waktu tanam padi untuk musim pertama, kedua dan waktu tanam palawija. Sebaiknya waktu tanam direncana secara berkelompok jangan sendiri-sendiri. Dalam kelompok biasanya disebut RDK (rencana devinitif kelompok)
  4. Merencanakan sistem tanam padi yang akan kita lakukan, apakah sistem konvesional, sistem SRI, sistem PTT, Jarwo atau sistem hazton.
  5. Persiapan benih padi sesuai musim. Untuk memilih benih padi bukan hanya dari segi produksivitas saja tapi juga dari ketahanan roboh, ketahanan penyakit (saat musim hujan) dan ketahanan kekeringan saat musim kemarau.
  6. Persiapan pupuk baik pupuk tanah maupun pupuk daun. Kebutuhan pupuk untuk tanaman padi tidak bisa ditunda-tunda karena bisa menghambat pertumbuhan dan mengurangi produksi.
  7. Persiapan tenaga kerja, terutana tenaga olah lahan dan tenaga tanam. Kebutuhan tenaga saat bersamaan biasanya menimbulkan kelangkaan tenaga kerja dan saling berebut tenaga kerja.

 


Selain persiapan secara umum ada persiapan khusus lahan yang akan kita gunakan untuk tanam padi diantaranya :
  1. Aplikasi pupuk organik dulu baru olah lahan. Dalam satu ha sawah membutuhkan pupuk organik minimal satu ton untuk memperbaiki dan mempertahankan kesuburan tanah.
  2. Aplikasi kapur pertanian akan meningkatkan produksi. Kapur berfungsi untuk menaikkan pH tanah sawah yang biasanya asam.
  3. Aplikasi SP36 sebelum tanam. Pupuk SP36 membutuhkan waktu beberapa hari untuk bisa larut dalam tanah. Padahal unsur hara phospat dibutuhkan sejak awal pertumbuhan tanaman. Maka aplikasi pupuk SP36 sebaiknya sebelum tanam agar saat padi mulai tumbuh unsur hara P sudah siap digunakan.
  4. Aplikasi agensia hayati setelah selesai olah lahan. Agensia hayati sangat diperlukan untuk membantu menghancurkan sisa-sisa bahan organik yang belum terurai. Adanya bahan organik yg belum terurai akan mengakibatkan tanah masam. Selain itu agensia hayati juga berfungsi sebagai pelindung tanaman padi dari serangan penyakit perakaran. Contoh agensia hayati yang bagus untuk tanaman padi adalah beka.
Trimakasih telah membaca gerbang pertanian tentang tehnik persiapan tanam padi, semoga bermanfaat dunia akherat bagi pembaca dan penulis.


Sukses Petani Indonesia



           Maspary

Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment